​STIBA INVADA MELEPAS KEPULANGAN NATIVE SPEAKER

06-02-17 stiba 0 comment

​STIBA INVADA MELEPAS KEPULANGAN NATIVE SPEAKER

Adalah kali ke-2, Prodi Sastra Jepang STIBA INVADA menerima penempatan Junior Expert (JE) Bidang Bahasa Jepang dari JICA. Program penempatan JE bidang bahasa Jepang merupakan program kerjasama antara STIBA INVADA dan JICA (Japan Internasional Coorporate Agency) yang sudah berjalan selama 2 periode sejak tahun 2012. Sejatinya program tersebut merupakan program penempatan volunteer diberbagai bidang, bukan hanya bahasa Jepang tapi juga dalam bidang lingkungan hidup, olahraga, kesehatan dsb. Sangat bersyukur STIBA INVADA menjadi salah satu Sekolah Tinggi yang ditunjuk untuk memperoleh bantuan native speaker pengajar bahasa Jepang. Serta menjadi lembaga pertama di wilayah Cirebon yang diberi kesempatan dan dipercaya dalam program tersebut.
Bulan Maret 2014 STIBA INVADA kedatangan JE bidang bahasa Jepang, Ms. Degai Yoshiko. Menggantikan Ms. Munakata Minami yang berakhir masa tugas di bulan Nopember 2014. Dan pada tanggal 21 Januari 2017 telah dilaksanakan owakare party (Pesta Perpisahan) yang dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa dari Prodi Sastra Jepang dan jajaran civitas akademika STIBA INVADA.
Kegiatan yang telah dilaksanakan selama Ms. Degai bertugas adalah bersama-sama dengan dosen-dosen Prodi merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jepang. Mulai dari Team teaching bersama dosen prodi, mengadakan benkyoukai dosen, kegiatan persiapan ujian JLPT bagi mahasiswa hingga mengadakan kegiatan lain dengan mengundang teman-teman JE JICA dari berbagai bidang dan berbagai daerah seperti mensosialisasikan budaya Jepang kepada masyarakat melalui workshop budaya bersama guru-guru dan mahasiswa, workshop lingkungan hidup, kuliah umum bidang olah raga dan sejarah, juga membantu prodi dalam mewujudkan kegiatan kerjasama dengan instansi di Jepang. 
Pada kegiatan owakare party tiap angkatan mempersembahkan penampilan mereka yang menarik. Mulai dari lagu, slide show gambar kenangan sampai pemutaran video hasil karya mahasiswa. Penampilan tidak lepas dari rasa haru. Beberapa kali terlihat mata berkaca dari Ms. Degai dan akhirnya air mata mengalir pada saat mahasiswa membrikan bingkisan kenangan.
Selamat jalan Degai Sensei, semoga tercapai semua mimpi dan cita-cita. Cepat bertemu jodoh dan selalu ingat tentang kami dan jakian setian momen menjadi kenangan indah untuk kita simpan selamanya.
Mata aimashou………



Tinggalkan Balasan