9 Mahasiswa Sastra Inggris STIBA Invada Jadi Volunteer Asian Games

01-09-18 stiba 0 comment

Menjelang penutupan ajang pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games ke-18 yang bertempat di Jakarta dan Palembang, pada tanggal 2 September 2018 mendatang menghadirkan gegap gempita rasa haru dan bangga bagi setiap orang terutama seluruh rakyat Indonesia. Perhelatan Asian Games ke-18 yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah, merupakan salah satu prestasi tersendiri yang menunjukkan kepercayaan seluruh negara di Asia kepada Indonesia. Kita patut bangga dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang mengangkat slogan #ENERGYOFASIA ini, salah satunya dibuktikan dengan upacara pembukaan Asian Games 2018 yang menuai sukses dan menyedot seluruh perhatian tidak hanya di Indonesia maupun Asia, tetapi juga dunia.

Kesuksesan perhelatan Asian Games 2018 tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh pihak demi lancarnya penyelenggaraan Asian Games 2018. Mengingat acara ini merupakan acara besar berskala internasional se-Asia, maka pihak yang terlibat pada penyelenggaraan Asian Games 2018 tercatat mencapai puluhan ribu orang. Porsi terbesar yang sangat membantu kelancaran dan kesuksesan perhelatan Asian Games 2018 ini ialah berasal dari para sukarelawan (volunteer) yang telah melewati proses dan tahapan seleksi dari mulai bulan Februari 2018.

Antusiasme yang luar biasa ditunjukkan oleh para pemuda Indonesia agar dapat lolos menjadi sukarelawan (volunteer) di Asian Games 2018. Mereka ingin mendapatkan dan merasakan pengalaman sekali seumur hidup ikut terlibat untuk mensukseskan ajang olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018. Bagi mereka yang berhasil dan terpilih menjadi sukarelawan (volunteer) di Asian Games 2018 ialah orang-orang pilihan yang terjaring melalui proses perekrutan yang panjang dan dalam beberapa kali tahapan.

Dari total 20.741 sukarelawan (volunteer) yang lolos (sumber: laman resmi Asian Games 2018), terdapat 9 (sembilan) mahasiswa Program Studi Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon yang berhasil masuk menjadi sukarelawan (volunteer). Kesembilan mahasiswa ini ialah berasal dari Semester 6 dan Semester 8, yakni Winda Dwi Rahmawati, Auliya Ayu Safira, Siti Maisah, Widiani Agustin, Nur Hidayah, Sri Mei Tuni, Stevi Caroline Belatrix, Nurjanah dan Khaeriyah. Mereka terbagi dengan berbagai kebutuhan tugas sukarelawan (volunteer) yang meliputi Protocol Assistan, NOC Asisstant, dan Liaison Officer. Penempatan tersebut dibagi kembali ke dalam 23 departemen (functional areas), seperti Venue, Medical Clinic, Ceremonies, Ticketing, Catering, Transportation dan lain-lain. Hal yang membanggakan dari kesembilan mahasiswa Prodi Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon ini, selain lolos seleksi penyelenggaraan Asian Games 2018 mulai dari tahapan prakualifikasi, mereka juga lolos pada penjaringan kedua dari total sukarelawan sebanyak 20.741 menjadi 8.000 untuk perhelatan Asian Games 2018 di acara utama. Selain itu, kesembilan mahasiswa Prodi Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon tidak hanya menjadi sukarelawan (volunteer) biasa, bahkan di antara mereka dipercaya sebagai ketua grup yang memimpin anggota sukarelawan (volunteer) lainnya. Sungguh membanggakan!

Program Studi Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon sangat bangga dengan hasil dan pencapaian yang telah berhasil diraih oleh kesembilan mahasiswa ini. Ketua Jurusan Sastra Inggris, Ibu Karin Sari Saputra, S.Pd., M.Hum. menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga yang luar biasa kepada mereka atas suatu prestasi yang tidak mudah diraih oleh sebagian besar orang. Kemampuan Bahasa Inggris yang telah mereka peroleh di kampus STIBA Invada Cirebon turut mendukung dan membentuk kompetensi kedelapan mahasiswa sehingga mampu berprestasi. Program Studi Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon selalu memberikan inovasi-inovasi terkait pembelajaran dan kegiatan perkuliahan agar dapat mencetak mahasiswa yang berkompetensi mumpuni dan handal.

Siapa kita? INDONESIA. Siapa kita? Program Studi Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon. Selamat! (KS)

 



Leave a reply