BUNKASAI Invada 2017 Sukses di gelar dengan Ratusan Peserta

20-11-17 stiba 0 comment

 

BUNKASAI Invada 2017 Sukses di gelar dengan Ratusan Peserta

Cirebon – Festival Budaya Jepang (文化 Bunkasai ) adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang STIBA Invada Cirebon. Tahun ini, Festival Bunkasai Invada mengangkat tema Cirebon Aki matsuri, dimana menggabungkan antara budaya Cirebon dan musim dijepang saat ini yaitu musim gugur atau disebut dengan aki.

Disampaikan oleh Kaprodi Sastra Jepang Yanti Hidayati, S.pd., M.Hum bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk mengenalkan budaya dan bahasa Jepang pada masyarakat di Wilayah III Cirebon (Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Brebes). Selain itu, kegiatan ini juga merupakan suatu wadah bagi pembelajar bahasa Jepang di wilayah III Cirebon untuk dapat mengasah kemampuannya melalui berbagai kompetisi disini.

“kebetulan STIBA Invada ini kan satu-satunya Sekolah tinggi Bahasa Asing dengan jurusan Bahasa Jepang di wilayah III Cirebon, jadi STIBA Invada merupakan study centre bukan hanya untuk guru-gurunya dalam wadah Ciayumajakuning Gakkai tetapi juga merupakan study centre bagi siswa-siswi nya yaitu dengan melalui kegiatan bunkasai ini. Apalagi setiap tahunnya kami sajikan berbeda dengan berbagai macam jenis kelas budaya sehingga siswa siswi bisa belajar dan mendapat pengalaman yang tidak didapatkan di sekolahnya”, ujarnya

Bunkasai Invada 2017 ini menyajikan berbagai macam lomba diantaranya lomba karaoke dalam bahasa Jepang, Lomba Mading yang bertema kebuadayaan Cirebon VS Jepang, Lomba Cosplay, Lomba kana, Lomba Rodoku, Lomba Manga, dan Lomba Shoudo.Bukan saja lomba Bahasa Jepang, Bunkasai kali ini juga menyajikan kelas budaya Yukata dan origami dimana siswa-siswi bisa belajar seni melipat kertas dan cara memakai Yukata dengan baik dan benar. Dan yang lebih menarik lagi adalah disajikannya Obake Yashiki (rumah hantu) yang menyedot peminat paling banyak. Kurang dari 3 Jam Obake Yashiki sudah dikujungi lebih dari 100 orang.  Selain Obake Yashiki pada bunkasai invada 2017 ini juga mahasiswa menyajikan kreatifitas melalui maid cafe. Maid cafe ini menunya berbagai macam minuman dan makanan ringan ala cafe yang bisa dibeli dengan harga 8k oleh para pengunjung. Hal ini merupakan salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke event Bunkasai Invada 2017 ditambah lagi bazar bazar yang variatif.

Selain lomba, kelas budaya, obake yashiki dan maid cafe, tahun ini juga ada hal yang sangat menarik yaitu penampilan tari topeng khas Cirebon oleh duo Japan yaitu Marino dan Sinya nakamura yang bisa kamu liat disini

Bunkasai Invada 2017 ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta lomba dan lebih dari 100 pengunjung dari luar yang sengaja ingin datang dan menyaksikan serunya Bunkasai ke-9 ini.

Kegiatan ini dibantu oleh  mahasiswa dari Ashinaga . Mulai dari penjurian lomba sampai demo mengenai budaya Jepang.

Adapun Daftar nama pemenang adalah sebagai berikut :

Lomba Rodoku

Juara I : Indi Dwi Lutitriani (SMAN 6 Cirebon)

Juara II : Uenike Arriela Darmawan (SMA Kristen Penabur)

Juara III : Ahmad Sulaeman (SMK Bina Insani Ligung)

Juara Harapan I : Fauziah Savitri (SMAN 2 Kuningan)

Juara Harapan II : Isyahul Solihah (SMK Bangkit Indonesia)

Lomba Mading

Juara I : SMKN 1 Kedawung

Juara II : SMPN 1 Lemah Abang

Juara III : SMA  Yadika (Group A)

Lomba Shoudo

Juara I : Fadel Zulyono Gunawan (SMAN 1 Sindang)

Juara II : Rahman Maulana (SMK Al-Jabbar Ciledug)

Juara III : Agus Solehudin (SMK Bina Insani Ligung)

Lomba Kana

Juara I : Melia Rahmah (SMAN 1 Sindang)

Juara II : Uenike Arriela Darmawan (SMA Kristen Penabur)

Juara III : Fadel Zulyono Gunawan (SMAN 1 Sindang)

Juara Harapan I : Irma Damayanti (SMAN 2 Kuningan)

Juara Harapan II : Andre Oktora Putra Pratama (SMK RISE Kedawung)

Lomba Manga

Juara I : Gilar Aprianto (SMAN 1 Sindang)

Juara II : Mochamad Kevin (SMAN 6 Cirebon)

Juara III : Irma Nur Haliza (SMAN 3 Cirebon)

Lomba Karaoke

Juara I : Windi Wahyu Hendi Ningrum (SMK PGRI Jatibarang)

Juara II : Fitria Niva (SMAN 1 Cirebon)

Juara III : Khofifah (SMKN 1 Losarang)

Juara Harapan I : Agung (SMA Bangkit Talaga)

Juara Harapan II : Flora Kirana Febrianti (SMAN 1 Sindang)

 

(int)

 



Tinggalkan Balasan