Bahasa Inggris STIBA Invada Terapkan Information and Communication Technology (ICT)

Information and Communications Technology

Information and Communications Technology (ICT) in English Language merupakan penerapan teknologi informasi pada pembelajaran Bahasa Inggris. Mata kuliah tersebut hadir seiring dengan kemajuan teknologi, pembelajaran juga dituntut untuk blended learning. Artinya, pembelajaraan tidak hanya terkonsentrasi pada tatap muka atau di dalam kelas saja tetapi juga menciptakan pembelajaran secara online.

Dosen Bahasa Inggris STIBA Invada, Karin Sari Saputra menjelaskan, blended learning ini termasuk ke dalam online learning. Online learning ini memiliki klasifikasi ada blended learning dan hybrid learning. Pada blended learning proporsi pembelajaran secara online 30 persen dan 70 persen tatap muka. ”Tidak full online tetapi bisa lebih memperbanyak porsi untuk online. Memberikan porsi untuk mahasiswa pembelajaran dilakukan secara online,” ungkapnya.

ICT juga dapat mengurangi kesulitan belajar Bahasa Inggris karena tidak ada partner. Seiring dengan revolusi 4.0, semua akses informasi bisa didapat mudah, maka jika pembelajaran bahasa masih konvensional, tidak maksimal. ICT dengan salah satu bentuknya adalah cara penyampaian pesan. Untuk itu, mahasiswa diajak untuk lebih kreatif membuat konten video yang kemudian di upload di Youtube

Selain itu, membuat proposal produk membangun situs dan aplikasi yang disesuaikan dengan minat masing-masing mahasiswa. Penerapan materi tersebut pada mahasiswa semester III. Untuk channel Youtube yang sudah dihasilkan adalah Lambe Inggris dan Englishified.

Information and Communications Technology

”Misalnya internet dengan alat-alatnya seperti Youtube dan sebagainya bisa digunakan. Mahasiswa juga didorong untuk membuat sendiri konten video yang diupload di Youtube, ada mahasiswa yang merasakan dengan membuat seperti ini belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah mudah,” paparnya.

Sementara itu, mahasiswa semester III STIBA Invada, Darrend mengungkapkan, pembelajaran ICT in English Language mahasiswa diajarkan untuk belajar Bahasa Inggris melalui online. Selain itu, mahasiswa didorong membuat aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris sesuai dengan minat masing-masing, agar belajar menjadi lebih mudah.

”bagaimanapun bentuknya, apapun aplikasinya pada pembelajaran Information and Communications Technology (ICT) ini penekanannya lebih pada pembelajaran bahasa inggris yang lebih mudah dan asik, ” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *