KKN STIBA INVADA – Mahasiswa Perkenalkan Bahasa Asing dan IT

08-09-18 stiba 0 comment

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIBA Invada pada masa Pengabdiannya memperkenalkan Bahasa Asing dan Teknologi dilingkungan Masyarakat Desa

Saat ini penguasaan Bahasa Asing dan Teknologi merupakan hal yang sangat penting. Apalagi Wilayah Cirebon merupakan wilayah yang telah ditetapkan akan menjadi wilayah metropolitan seperti dilansir pada Radar Cirebon bahwa kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional telah menetapkan Cirebon sebagai Metropolitan Cirebon Raya (MCR). Penetapan tersebut mengacu pada aturan perundang-undangan dan Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Plt Bupati Cirebon Selly A Gantina mengatakan, konsep Metropolitan Cirebon Raya ini akan melibatkan lima wilayah, yakni Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu (Ciayumajakuning).

Melihat potensi tersebut, Mahasiswa  memperkenalkan Bahasa Asing yaitu bahasa Jepang dan Bahasa Inggris di kalangan masyarakat Desa. Pembelajaran bahasa asing ini dilakukan mulai dari anak-anak  hingga orangtua. Hal ini diharapkan masyarakat desa dapat menyadari pentingnya pengusaan bahasa asing saat ini. Selain itu mahasiswa juga memperkenalkan IT . Pengenalan IT ini lebih fokus pada pamong desa karena pada pemerintahan saat ini laporan yang berkaitan dengan pemerintah dilakukan secara onlilne. Oleh karena itu, mahasiswa mencoba membantu pamong desa agar dapat mengusai IT minimalnya microsoft word.

Bukan hanya itu, Sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing yang berbasis IT mahasiswa juga mencoba membuat web dengan potensi yang ada di desa lokasi KKN. Ada 6 keluarahan dan 2 desa di Kecamatan Sumber yang dijadikan tempat Lokasi KKN Mahasiswa STIBA Invada diantaranya Kelurahan Gegunung, Kelurahan Kemantren, Kelurahan Kenanga, Kelurahan Perbutulan, Kelurahan Sumber, Kelurahan Tukmudal ,  Desa Matangaji dan Desa Sidawangi. Mahasiswa membuat web dengan tujuan untuk mempromosikan desa beserta potensinya. Diharapkan dengan adanya web tersebut, desa tempat lokasi KKN dapat berkembang mulai dari potensi alam sampai dengan potensi ekonomi.

Berikut situs online yang dapat diakses :

  1. Kelurahan Kenanga —> Klik disini
  2. Kelurahan Kemantren —> Klik disini
  3. Kelurahan Sumber —> Klik disini
  4. Kelurahan Gegunung —> Klik disini
  5. Desa Sidawangi —> Klik disini
  6. Kelurahan Perbutulan —> Klik disini
  7. Desa Matangaji —> Klik disini


Leave a reply