Program Lintas Budaya Universitas Ehime di STIBA INVADA

01-09-18 stiba 0 comment

Jumat, 21 Agustus 2018, mahasiswa Universitas Ehime dipimpin oleh Prof. Akira Yamanaka berangkat dari Jakarta ke Cirebon. Salah satu rangkaian kegiatan rombongan mahasiswa Ehime di Indonesia, melaksanakan kegiatan pertukaran kebudayaan yang dilaksanakan atas kerjasama antara (STIBA) Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing INVADA Cirebon Jawa Barat dengan Universitas Ehime Jepang.  Sebelumnya hal ini juga pernah dilakukan ketika kunjungan Universitas Asia beberapa waktu lalu. (baca juga Kunjungan Mahasiswa Asia University, Tokyo)

Pukul 10.00 WIB, rombongan mahasiswa Ehime tiba di STIBA INVADA disambut langsung oleh Ketua Jurusan Sastra Jepang Yanti Hidayati, S.Pd., M.Hum., Ketua Panitia Pelaksana Pertukaran Budaya Citra Dewi S.Pd.,M.Pd., beserta mahasiswa Sastra Jepang STIBA INVADA. Sambutan sederhana ini tidak berlangsung lama, setelah sesi perkenalan, rombongan diarahkan oleh Ketua Panitia dan beberapa mahasiswa STIBA INVADA yang berperan sebagai penerjemah ke wisata budaya Batik Trusmi.

 

Bertempat di Jl. Syekh Datul Kahfi, rombongan mahasiswa Ehime mendapatkan pelatihan singkat membatik. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh mahasiswa Ehime, sebab mereka dapat pengalaman langsung membatik dan hasil membatik mereka menjadi kenang-kenangan selama berada di Indonesia. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh di toko batik Trusmi. Selanjutnya rombongan mahasiswa Ehime diarahkan ke wisata kuliner Empal Gentong H. Apud.

Bertempat di Jl. Ir. H. Juanda, rombongan mahasiswa Ehime berkesempatan mencicipi makanan Khas Empal Gentong dan Sate kambing khas H. Apud. Mahasiswa Stiba selaku penerjemah, berperan menjelaskan makanan khas cirebon, dan mereka juga memanfaatkan momen ini untuk saling bertukar id line dan IG Instagram. Pukul 14.00, keseluruhan rombongan kembali menuju STIBA INVADA.

Bertempat di Jl. Brigjen Darsono, rombongan mahasiswa Ehime kembali disambut secara resmi oleh Ketua Jurusan Sastra Jepang. Dalam rangkaian kegiatan program pertukaran kebudayaan, tiga mahasiswa sastra Jepang Stiba Invada melakukan persentasi kegiatan kebudayaan memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Selain persentasi, mahasiswa Ehime juga diajak mempraktikkan lomba lari kelereng dan tari balon.

Sementara dari mahasiswa Ehime juga melakukan persentasi tentang sosial budaya khas di prefektur Ehime. Salah satu yang menarik bagi mahasiswa Sastra Jepang Stiba Invada, adalah persentasi kuis bahasa dialek khas Ehime. Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Ketua Jurusan Sastra Jepang dan pimpinan rombongan mahasiswa Ehime Prof Akira Yamanaka. Prof Akira Yamanaka dalam kesempatannya merasa sangat senang disambut oleh STIBA INVADA, dan mengharapkan kerjasama lebih lanjut dengan STIBA INVADA.

 



Leave a reply