Mahasiswa prodi Sastra Jepang Stiba Invada Internship ke Jepang

05-04-17 stiba 0 comment

Screenshot_18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cirebon – Prodi Sastra Jepang STIBA Invada Cirebon telah menjalin kerja sama dengan Perusahaan Jepang salah satunya adalah  Digital Und Merr, yaitu sebuah perusahaan komputer yang berada di Tokyo dan Akita Jepang.

Kaprodi Sastra Jepang STIBA Invada Cirebon, Citra Dewi M.Pd menuturkan bahwa salah satu program kerjasamanya adalah magang untuk mahasiswa Sastra Jepang semester 6. Proses magang tersebut melewati seleksi wawancara yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 29 Maret 2017 lalu.

“Direktur Digital Und Merr, Mr Toda dan Ms Iwane dari perusahaan tersebut turun langsung mewawancarai lima orang mahasiswa terpilih,”

Materi wawancara meliputi kesiapan berkomunikasi Bahasa Jepang, kesiapan bekerja dan berkehidupan di Jepang. Dari lima orang yang diseleksi, terpilih salah  satu orang mahasiswa semester 6 yang dianggap memenuhi kebutuhan yang ada di perusahaan tersebut yaitu Desi Juwita Sari .

“Bulan Juli nanti mahasiswa yang terpilih akan berangkat ke Jepang untuk mulai magang di sana,”, uja

Karena program magang ini masuk ke dalam kurikulum, maka kegiatan magang di Jepang yang dilakukan mahasiswa akan dinilai dan dimasukan ke transkip nilai. Oleh karenanya, mahasiswa tidak hanya mendapat pengalaman magang di Jepang, tapi ada nilai yang diberikan dari kampus.

“Apalagi perusahaan Jepang ini cocok dengan kurikulum kami, ada komputernya sehingga dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa memungkinkan mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang ada disana,” ujarnya.

Citra berharap, kerja sama antara STIBA Invada dengan perusahaan Jepang akan semakin banyak. Sehingga membuka peluang lebih besar bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman magang di Jepang.

“Target ke depan kerjasama ini bisa terus nambah kuotanya, target terbesarnya tahun 2020 itu bisa memberangkatkan 1 kelas magang di perusahaan Jepang,” paparnya.

Untuk saat ini, STIBA Invada sedang melakkan komunikasi dengan perusahaan Jepang lainnya. Sehingga, mahasiswa bisa punya kesempatan magang di Jepang lebih banyak.

Screenshot_19 Screenshot_20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kedatangan Mr. Toda, Mrs. Toda dan Mrs. Iwane untuk nota kesepakatan dan wawancara kandidat peserta internship tahun 2017. Otsukaresamadeshita

 

 



Tinggalkan Balasan