Pelepasan Volunteer Ashinaga Ikueikai

Pelepasan Volunteer Ashinaga Ikueikai, Tokyo

Cirebon – 12 Februari 2018 lalu mahasiswa beserta Prodi sastra Jepang mengadakan pelepasan Mr. Shinya Nakamura dan Mrs. Marino Nakata berkaitan dengan berakhirnya masa tugas sebagai native speaker di STIBA Invada. Selama 10 bulan mereka membantu prodi Sastra Jepang sebagai asisten dosen pada mata kuliah kaiwa  atau percakapan, sakubun atau menulis dan membantu kegiatan pembinaan benkyoukai atau kelompok belajar persiapan NNS (Nihongo Noryouku Shiken), Selain itu mereka juga membantu membina kelompok atau klub Bahasa Jepang di sekolah – sekolah binaan seperti  SMA Negeri 6 Cirebon, SMK Japara Kuningan, dan SMK YAdika Cirebon.

Acara pelepasan ini dibuka oleh Bapak Ketua STIBA Invada Cirebon Bapak Mahfud, Drs., M.Si., M.Kom yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari tingkat 1 sampai dengan tingkat 4. Pada kesempatan ini Bapak ketua menyampaikan rasa terimakasih baik secara pribadi maupun secara lembaga dilanjutkan penyampaian kesan dan pesan dari mahasiswa untuk kedua native, ada juga penampilan penampilan mahasiswa yang dipersembahkan khusus untuk Marino dan Shinya sebagai tanda perpisahan yang diakhiri dengan penyerahan cendramata dari masing – masing angkatan.

Disampaikan oleh Yanti Hidayati, S.Pd., M.Hum bahwa Sebelumnya Native Speaker yang ada di STIBA Invada merupakan bantuan dari JICA dan sudah berlangsung selama 4 tahun. Sedangkan Native dari Ashinaga yang berpusat di Tokyo baru bertugas pada periode 2017-2018, berikutnya juga sudah dipersiapkan pengganti dari Mr. Shinya Nakamura dan  Mrs. Marino Nakata yaitu Ms. Shunpei Daikoku dari Hokaido dan Mr. Katone Sato dari Tokyo yang rencana tiba di STIBA Invada pada April mendatang.

“Harapan kedepannya, bukan hanya dengan JICA dan Ashinaga, tetapi dengan lembaga-lembaga lainnya juga kami dapat bekerjasama sehingga semakin banyak native yang akan bertugas disini , maka mutu dan kualitas lulusan pula dapat ditingkatkan”, ujarnya

Yanti Sensei juga menyampaikan bahwa untuk kedepannya kerjasama dengan Ashinaga masih melanjutkan program yang sudah berjalan dan akan ada kegiatan-kegiatan baru seperti kegiatan Summer camp dan kegiatan pertukaran pelajar yang rencana akan direalisasikan pada tahun ini. (Int)

Baca juga  STIBA INVADA – ASHINAGA Ikuekai Jalin KerjasamaSTIBA INVADA Melepas kepulangan Native Speaker,

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *