Belajar Seni Melukis Huruf Jepang – Shodou oleh Volunteer asal Jepang

Cirebon –  Jurusan Sastra Jepang STIBA Invada Cirebon rutin melaksanakan kegiatan seni dan budaya. Pada Jumat, 28 September 2018 lalu Mahasiswa melakukan kegiatan pengenalan seni melukis huruf Jepang atau lebih dikenal dengan shodō. shodō merupakan seni mengekpresikan keindahan tulisan dengan menggunakan kuas dan tinta, Pelaksanaan kegiatan shodō ini diikuti oleh mahasiswa mulai dari tingkat 1 hingga tingkat 3 yang dipandu langsung oleh volunteer asal Jepang, Katone Sato.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMASAJA) Stiba Invada dengan Jurusan Sastra Jepang Stiba Invada ini dipandu oleh Volunteer dari Ashinaga Ikuekai yang mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara dan teknik menggunakan kuas untuk menulis huruf Kanji.

Kegiatan seni dan budaya di STIBA Invada khususnya  Sastra Jepang merupakan kegiatan jurusan  yang dilaksanakan sekali dalam sebulan yang dilaksanakan oleh Jurusan dan Himasaja, sebagai bentuk kegiatan pembelajaran kebudayaan kepada Mahasiswa Stiba Invada.

Seperti yang telah diungkapkan oleh ketua Jurusan Yanti Hidayati, S.S., M.Hum bahwa kegiatan seni dan budaya ini sengaja dilakukan perbulan secara rutin agar mahasiswa terbiasa mengenal budaya Jepang yang nantinya bisa dijadikan bekal ketika mereka bekerja di perusahaan Jepang atau Magang di semester V.

“Sebenernya ini kegiatan yang rutin dilakukan oleh jurusan yang kebetulan bekerjasama dengan Hmpunan Mahasiswa Sastra Jepang dengan maksud agar mahasiswa lebih memahami bukan saja dari segi bahasanya tetapi juga budayanya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *