STIBA INVADA Ajak Mahasiswa Peduli Lingkungan

11-06-16 stiba 0 comment

Cirebon-Program Studi Sastra Jepang Stiba Invada Cirebon menggelar workshop lingkungan hidup dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, Kamis (2/6). Workshop kerja sama dengan JICA ini mengangkat tema tentang ‘Menyadari Bahaya Sampah terhadap Lingkungan Sekitar’.

Disampaikan Kaprodi Sastra Jepang, Citra Dewi MPd. Hadir sebagai presenter 3 orang ahli bidang lingkungan hidup dari Jepang yang menyampaikan bahwa sampah merupakan masalah yang sangat kompleks.
“Lebih menyorot mengenai bahaya sampah bagi makhluk hidup,” katanya kepada Radar, Jumat (3/6).

Citra juga menyampaikan, pada acara tersebut dilaksanakan kegiatan simulasi bahayanya membuang sampah di sungai. Pertunjukan sebuah video mengenai penyu yang terluka akibat ulah manusia membuang sampah. Pihaknya menyadari bahwa sampah tidak hanya berdampak pada manusia saja tapi kepada makhluk lain juga.
“Salah satunya terhadap biota air seperti kasus yang terjadi pada penyu tersebut,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Citra berpesan agar kita harus memikirkan makhluk hidup yang lain dengan bijak dalam menyikapi masalah sampah. “Dimulai dari diri kita sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya,” tuturnya.

Kegiatan lainnya ada lomba membuat barang baru dari barang bekas. Mahasiswa diberi kebebasan berkreasi membuat berbagai macam barang dari koran, bungkus plastik, sisa kayu es krim, dan lain sebagainya.
“Diberikan kesadaran kepada mahasiswa bahwa barang-barang bekas bisa berdaya guna jika didaur ulang,” ujarnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari semua semester. Termasuk mahasiswa Sastra Inggris, STKIP, dan juga seluruh dosen. Dengan harapan, peserta dapat menjadi delegasi lingkungan hidup. Termasuk bsa membantu mengurangi sampah dengan menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle).
“Ini pembuktian kami sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap lingkungan hidup,” jelasnya



Tinggalkan Balasan