STIBA INVADA kenalkan Budaya Jepang

11-06-16 stiba 0 comment

image003 image005

STIBA INVADA Cirebon menggelar Workshop pengenalan budaya Jepang Upacara Minum Teh (cha no yu) dan seni Merangkai Bunga (Ikebana), Acara ini jadi agenda tahunan dengan tema berbeda-beda.

Kaprodi Sastra Jepang, Citra Dewi M.Pd mengatakan, acara ini mendatangkan tujuh orang Jepang yang tergabung dalam perkumpulan minum teh di Jakarta. Sedangkan Ikebana di perkenalkan oleh Degai Yoshiko Sensei, yang merupakan Junior Expert Bidang Bahasa Jepang JICA. “Pesertanya adalah pengajar Bahasa Jepang wilayah Ciayumajakuning dan Mahasiswa STIBA INVADA Prodi sastra Jepang”, katanya

Kegiatan ini memberikan pengalaman baru dalam hal pengenalan budaya Jepang. Pengisi acara workshop mendemontrasikan materi yang kemudian diikuti setiap peserta. “Kita juga jadi tahu, upacara teh itu memiliki berbagai macam aliran, sehingga ini bisa menjadi pengalaman baru yang menarik bagi peserta” Ujarnya.

Peserta diajak mencoba langsung membuat teh (macha) danmengaduknya menggunakan chasen (adukan teh dari bumbu). Sebelum membuat teh peserta diberi kueh manis untuk menyeimbangkan rasa teh yang pahit sehingga ketika prosesi minum teh, rasa tehnya enak.

Menurut Citra Sensei, meminum teh memiliki banyak filosofi. Salah satunya melatih kesabaran, sebab teh dibuat dengan beberapa tahapan. “Ketika orang membuat teh untuk t amu, itu bisa melatih kesabaran bagi si pembuat teh dan yang menunggunya”, ujarnya

Sedangkan sejarah awalnya, upacara meminum teh dilakukan untuk memperlihatkan cawan atau cangkir yang harganya mahal-mahal. Sehingga ketika upacara minum teh, hal ini menjadi kegiatan yangprestige. “Untuk sekarang, budayaminum teh itu jadi tradisi yang tidak ada unsur memperlihatkan cawan lagi. Tapi lebih ke menguji kesabaran” paparnya.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa menambah pengetahuan budaya Jepang bagi mahasiswa STIBA INVADA Cirebon. Juga, memperkuat motivasi belajara mahasiswa dalam berbahasa Jepang.



Tinggalkan Balasan