STIBA Invada Sosialisasikan Program Magang (Internship) di Jepang

15-09-17 stiba 0 comment

STIBA Invada Sosialisasikan Program Magang (Internship) di Jepang

CIREBON – 14/9 Prodi Bahasa Jepang Stiba invada memberi kesempatan mahasiswa untuk dapat mengikuti program internship di Jepang. Program ini merupakan program kerjasama anatara Prodi Bahasa jepang Stiba invada dengan RNC (Recruiting Notes Communication) yang merupakan sebuah lembaga yang mempersiapkan dan mengelola SDM dengan pusat kantor di Tokyo.

Disampaikan Mr. Kanji Tokunaga, Executive Director Of RNC bahwa program ini ditawarkan karena adanya kebutuhan akan SDM untuk usia produktif di Jepang serta memberikan kesempatan bagi orang asing khususnya pembelajar Bahasa Jepang untuk mengaplikasikan kemampuan Bahasa Jepang secara langsung dalam kehidupan real masyarakat Jepang. Beliau juga menjelaskan beberapa tempat yang ditawarkan pada program ini antara lain Perfektur Okinawa; Hokaido;  Nakuba, Karuizawa, Nagano ; dan Toyama.

Disampaikan oleh Kaprodi Bahasa Jepang Stiba Invada Yanti Hidyati, S.Pd., M.Hum bahwa program ini merupakan kegiatan yang masuk dalam kurikulum akademik prodi yaitu pada mata kuliah PKL.

“Diharapkan melalui program ini mahasiswa dapat mengikuti program PKL di Jepang sehingga dapat menambah wawasan & kemampuan bahasa Jepang. Selain itu mahasiswa juga bisa merasakan bagaima berinteraksi dengan orang Jepang langsung, baik komunikasi maupun kebiasaan seperti disiplin dan hal – hal lainnya sehingga ketika lulus mahasiswa bisa lebih siap di dunia kerja”, tambahnya

Menariknya, program ini bukan hanya memberikan pengetahuan bagi mahasiswa tetapi juga dapat menambah penghasilan karena selama 3 bulan di Jepang mahasiswa akan mendapat salary dari perusahaan tempat mereka magang. Adapun jenis perusahaannya yaitu bidang perhotelan, perusahaa kereta api di Jepang, agen pariwisata, tempat ski, dll.

Pada sosialisasi kali ini tanggapan mahasiswa pun sangat bagus, mereka sangat antusias mengikuti program ini. Harapan mereka program ini dapat berjalan dengan baik dan mereka bisa secepatnya mengikuti program magang pada musim dingin tahun ini. (int)



Tinggalkan Balasan