STIBA INVADA JALIN KERJASAMA DENGAN ITC

CIREBON – STIBA Invada menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) bersama dengan International Test Center (ITC). ITC sendiri merupakan distributor resmi dari Educational Testing Service yang berpusat di New Jersey, Amerika Serikat. Penandatanganan kerjasama tersebut sebagai puncak dari kegiatan seminar Sosialisasi dan Program Motivasi TOEIC, Wake Up Calls terhadap Tantangan Global Dunia Kerja dan Professional.

Seminar tersebut diikuti oleh sejumlah profesional, baik dari swasta maupun Negeri seperti  Imigrasi, PGN, Swiss-Belhotel Cirebon, dan instansi-instansi pemerintah lainnya. Dalam seminar dijelaskan mengenai TOEIC dan TOEFL, perbedaannya hingga kebutuhan TOEIC tidak sebatas pada lingkungan akademisi.

Ketua Program Studi Sastra Inggris STIBA Invada Karin Sari Saputra, SPd M.hum mengungkapkan, ITC merupakan penyedia tes TOEFL, TOEIC, dan tes komputer. Kerjasama tersebut didasari atas kebutuhan test center di wilayah III Cirebon.

”Awalnya kami ingin TOEFL, akan tetapi saat ini baik untuk meneruskan ke S2 ataupun di dunia kerja yang dibutuhkan adalah sertifikat TOEIC. Hal itu pula yang mendasari kami tidak sekedar melakukan MoA, tetapi dalam kegiatan sosialisasi kami menyadari TOEIC belum begitu popular,” paparnya.

Melalui kerjasama tersebut, STIBA Invada menjadi institusi test center yang disebut Center Test Admission Site (CTAS) TOEIC. CTAS merupakan bentuk keistimewaan yang diberikan ITC hanya kepada beberapa institusi. Tes perdana rencananya akan dilakukan pada Juni mendatang, dengan peserta mahasiswa. Bagi mahasiswa sertifikat tersebut bermanfaat untuk mendaftar jenjang S2 ataupun melamar pekerjaan.

Selain itu, ITS juga membekali dosen STIBA Invada dengan workshop bersertifikat internasional. Melalui workshop tersebut, dosen STIBA Invada dapat menjadi trainer yang dapat memberikan kelas pemantapan TOEIC. ”Melalui kerjasama ini STIBA Invada memegang privilege bagi teman teman akademisi atau profesional yang ingin mengambil tes TOEIC tidak harus ke Bandung atau Jakarta tetapi bisa dilakukan di STIBA Invada. Diharapkan pula dengan adanya tes center di Cirebon dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat Cirebon dan sekitarnya,” tuturnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *