Dosen Program Studi Bahasa Jepang STIBA INVADA Mewakili Indonesia pada Program Pelatihan Japanese for Business

Dosen STIBA INVADA – Citra Dewi, M.Pd, Dosen program studi Bahasa Jepang STIBA INVADA mewakili Indonesia pada program pelatihan Japanese for Business yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation. Kegiatan pelatihan dimulai tanggal 12 November hingga 19 Desember 2019 dan diadakan di pusat pelatihan Bahasa Jepang Urawa Tokyo. Pelatihan ini diikuti oleh 11 peserta dari 8 negara di Asia dan Amerika. Citra merupakan satu-satunya peserta perwakilan Indonesia yang lolos pada seleksi pelatihan Japanese For Bussiness tersebut.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pembuatan desain pembelajaran untuk bahasa Jepang bisnis, analisis kebutuhan dan kesiapan peserta didik, analisis bahan ajar dan cara pengajaran bahasa Jepang bisnis.

Selain itu, ada kegiatan kunjungan Industri dengan mendatangi beberapa perusahaan Jepang yang merekrut tenaga kerja asing. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah agar peserta pelatihan dapat mempersiapkan SDM yang handal di negaranya masing-masing. sehingga dapat diterima bekerja di perusahaan Jepang, baik di Jepang maupun negaranya masing-masing.

Citra Dewi, M.Pd

“Di sini semua proses mendidik dan mempersiapkan SDM yang handal benar- benar diperhatikan sehingga bahasa jepang bisnis dan aplikasinya di lapangan bisa bersinergi dengan baik”, ungkapnya.

Diakui oleh Citra, bahwa pelatihan kali ini merupakan pelatihan yang luar biasa memuaskan. Dari sisi keilmuan, merasa tertantang untuk bisa memperbaiki pola ajar, sehingga target mata kuliah yang diampunya yakni Japanese for Business dapat memenuhi capaian target yang diharapkan di lapangan.

Citra juga mengakui bahwa dengan mengikuti pelatihan ini, banyak hal yang akan di aplikasikan untuk mata kuliah japanese for bussiness nantinya.