STIBA INVADA Terapkan Blanded Learning

Cirebon – Pada tahun ajaran baru di tahun akademik 2020/2021 STIBA Invada menerapkan blended learning atau pembelajaran campuran. Blended learning merupakan model pembelajaran yang memadukan antara tatap muka (face to face) dan daring (Online). Hal ini dilakukan mengingat situasi di kota dan kabupaten Cirebon sudah berada dalam kondisi aman dan dinyatakan dalam zona hijau.

Wakil Ketua I bidang Akademik Yanti Hidayati, S.Pd., M.Hum mengatakan bahwa penerapan pembelajaran campuran ini dilakukan sesuai dengan arahan dirjen dikti. Untuk perkuliahan tatap muka, kampus STIBA Invada tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, cuci tangan sebelum masuk kelas, penggunaan handsanitizer, memakai masker dan tetap jaga jarak.

“Tahun akademik 2020/2021 ini kami terapkan blanded learning mengingat situasi belum kondusif dan berdasarkan hasil evaluasi di semester lalu mengenai pembelajaran daring yang dinilai kurang efektif karena beberapa mahasiswa tidak mudah untuk memahami materi. Banyak faktor penyebab dan salah satunya adalah kuota dan jaringan internet, sehingga tahun ajaran baru ini kami memutuskan untuk menerapkan pembelajaran campuran dengan porsi pembagiannya 50% tatap muka dan 50% daring. “, ujar Yanti menjelaskan

Sementara itu, sesuai dengan arahan bapak ketua STIBA Invada pada rapat dosen yang dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2020, bahwa Tahun Akademik 2020/2021 akan menggunakan platform yang berbeda dari pembelajaran sebelumnya sebagai media pembelajaran. Pada Tahun Akademik ini dosen menggunakan platform discord sebagai media pembelajaran daring. Hal ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan besarnya kuota yang dikeluarkan mahasiswa ketika melakukan pembelajaran daring.

“Pada Tahun Akademik ini kami menggunakan platform discord karena selain mudah, komunikatif dan yang terpenting adalah pemakaian kuota nya lebih kecil dan lebih stabil. Selain itu, juga bisa digunakan berjam jam sehingga dosen dapat mengajar sesuai dengan durasi waktu.”, tegas Yanti

Pelatihan platform media pembelajaran bagi dosen

Pelatihan platform discord bagi dosen

Pelatihan platform discord bagi dosen

“Dosen -dosen juga telah mendapat pelatihan penggunaan platform discord tersebut pada Rabu, 26 Agustus 2020. Silabus yang digunakan juga telah mengalami penyesuaian dari metode tatap muka menjadi metode pembelajaran campuran atau blanded learning”, tambah Yanti

Yanti juga berharap dengan diterapkannya metode pembelajaran campuran atau Blanded Learning ini mahasiswa tetap mendapatkan layanan terbaik dengan tetap memperhatikan keselamatan mahasiswa dan seluruh akademisi kampus.

Sementara untuk mata kuliah praktek diperbolehkan tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bidang akademik pula memberi kompensasi kepada mahasiswa dari luar kota atau luar Jawa yang masih dalam zona merah untuk tidak mengikuti kuliah tatap muka melainkan full daring dari dari daerahnya masing masing sampai situasi bisa dinyatakan aman dan bisa datang ke Cirebon.