Cara Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah dari Lagu

Virgy Luthfiyah Ghin, Mahasiswa Sastra Jepang STIBA INVADA Juara Lomba Karaoke Bahasa Jepang BUNKASAI JABAR ke-46 Ajak Belajar Bahasa Jepang dari Lagu

Bahasa Jepang termasuk bahasa asing yang sulit dipelajari. Salah satu alasannya adalah karena bahasa Jepang memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya. Misalnya bentuk hurufnya, tata bahasa, pengucapan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai pelajar bahasa Jepang, kita perlu tahu bagaimana cara belajar bahasa Jepang dengan mudah.

Sebenarnya media belajar untuk mempelajari bahasa Jepang sangatlah beragam. Bukan hanya dari buku pelajaran, tapi juga bisa dari anime, drama Jepang dan lagu Jepang. Kamu bisa memilih media belajar mana yang cocok dengan gaya belajarmu.

Gaya belajar setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang belajar melalui visual, audio, atau kolaborasi keduanya. Bagi kamu yang memiliki gaya belajar melalui audio, kamu bisa belajar bahasa Jepang dari lagu. Belajar dari lagu memiliki banyak sekali kelebihannya loh. Misalnya, kita bisa mengetahui kosakata baru  bahasa Jepang dan bagaimana cara mengucapkannya.

Referensi Lagu Bahasa Jepang untuk Pemula

Lalu, apa saja sih referensi lagu bahasa Jepang yang mudah untuk pemula?  Virgy Luthfiyah Ghin, mahasiswa Sastra Jepang STIBA INVADA juara lomba karaoke bahasa Jepang BUNKASAI JABAR ke-46 akan memberitahu lagu-lagu bahasa Jepang yang mudah kita nyanyikan dan pelajari.

Mirai E – Kiroro

Lagu pertama yang mudah kita nyanyikan adalah lagu Mirai E dari penyanyi asal Jepang bernama Kiroro. Lagu ini rilis pada tahun 1998 bergenre POP. Mirai E dalam bahasa Indonesia berarti menuju masa depan. Lagu ini berkisah tentang optimisme seseorang untuk menghadapi masa depan. Alunannya lambat dan liriknya pun mudah kita ucapkan.

Best Friend – Kiroro

Lagu kedua yang mudah kita nyanyikan adalah lagu Best Friend dari Kiroro. Rilis pada tahun 2001 dan memiliki alunan yang easy listening. Lagu ini berkisah tentang hubungan persahabatan yang saling mengisi satu sama lain. Membersamai hari-hari yang sulit dan menikmati hari-hari yang bahagia.

Fuyu no Uta – Kiroro

Selain lagu Best Freind dan Mirai E, lagu lainnya dari Kiroro yang mudah kita nyanyikan adalah Fuyu no Uta. Dalam bahasa Indonesia, Fuyu no Uta berarti lagu musim dingin. Lagu ini rilis pada tahun 1998. Berkisah tentang seseorang yang jauh dari orang yang dia cintai. Kosakata dalam lagu ini mudah kita ucapkan dan memiliki arti yang mendalam.

Happy End – Back Number

Back Number adalah grup band asal Jepang yang sangat populer. Lagu-lagunya sering menjadi soundtrack drama atau film. Salah satu lagu dari Back Number yang populer adalah Happy End. Lagu ini rilis tahun 2016. Bercerita tentang perpisahan dua orang yang saling mencintai.

Selain memiliki arti yang dalam, lagu Happy End juga memiliki kosakata yang mudah diucapkan. Sehingga kamu bisa dengan mudah menyanyikan lagu ini.

Himawari no Yakusoku –  Hata Motohiro

Lagu Himawari no Yakusoku adalah lagu yang dinyanyikan oleh Hata Motohiro. Lagu ini menjadi soundtrack anime movie Doraemon yang berjudul Stand by Me Doraemon. Himawari no Yakusoku dalam bahasa Indonesia berarti Janji Bunga Matahari.

Seperti yang kita ketahui, serial Doraemon sangat populer di Indonesia. Maka tak heran, lagu yang menjadi soundtrack nya pun begitu dikenal oleh banyak orang. Lagu ini memiliki alunan yang enak didengar dan memiliki arti yang dalam.

Nah, itu dia beberapa referensi lagu bahasa Jepang yang mudah untuk pemula. Bagi kamu yang masih belum familiar dengan lagu-lagu tersebut, kamu bisa melihat penampilan Virgy di video reels berikut ini.