STIBA INVADA Berikan Ratusan Beasiswa Gratis Kuliah

Cirebon – Pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, seringkali biaya untuk melanjutkan pendidikan menjadi kendala. Terutama ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, STIBA INVADA bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) memberikan beasiswa gratis kuliah.

Program Beasiswa ini berdasarkan Program Indonesia Pintar (PIP) di mana Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan.

Program beasiswa gratis kuliah plus uang saku ini diberikan kepada ratusan mahasiswa baru STIBA INVADA Cirebon Tahun Akademik 2021/2022. Beasiswa ini terdiri dari pembebasan biaya kuliah/pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi dan uang saku sebesar  Rp700.000,00 per bulan.

Uang saku tersebut untuk memenuhi keperluan kuliah selain pembayaran uang semester. Misalnya seperti pembelian buku ajar, atribut kuliah, biaya KKN dan PKL, Studi Banding dan yang lain sebagainya.

STIBA INVADA telah melakukan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang Pertama sebanyak 254 orang pada tahap administrasi dan wawancara (Kamis, 9 Juli 2021)sesuai dengan SK Ketua Nomor: 132/SK/STIBA-INVADA/VII/2021 STIBA INVADA.

STIBA INVADA Berikan Ratusan Beasiswa Gratis Kuliah

Adapun ketentuan umum untuk dapat mendaftar program beasiswa gratis kuliah plus uang saku ini antara lain:

  1. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat minimal lulus tahun 2019
  2. Memiliki keterbatan ekonomi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (KTM) dari desa atau terdata pada puskensos atau memiliki KIP/KHS/PKH
  3. Membeli formulir pendaftaran sebesar Rp200.000,00.

Bagi siswa yang memenuhi ketentuan di atas, dapat segera mempersiapkan persyaratan umum untuk mendaftar program beasiswa gratis kuliah ini. Persyaratan yang harus siswa persiapkan antara lain sebagai berikut:

  1. Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai yang terlegalisir basah 2 lembar (bila belum ada bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus)
  2. Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  3. Rapot siswa dari semester 1 sampai semester akhir
  4. Fotocopy KTP sebanyak 2 lembar
  5. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP)/KIS/KHS (jika ada)
  6. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di puskensos desa/kelurahan
  7. Fotocopy Surat Pajak Bangunan
  8. Foto keluarga
  9. Fotocopy sertifikat prestasi, minimal tingkat kabupaten
  10. Foto rumah pribadi (tampak depan, samping, ruang tamu/keluarga, dapur & kamar mandi)
  11. Fotocopy rekening listrik
  12. Pas foto ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 background warna biru @ 2 lembar
  13. Melampirkan materai 6000 sebanyak 2 lembar

Program beasiswa ini akan melalui tahapan mulai dari seleksi berkas (administrasi), wawancara hingga penerimaan. Tahap selanjutnya adalah mahasiswa baru akan mengikuti masa orientasi yang rencananya akan berlangsung bulan Agustus 2021. Yuk kita lihat seleksi wawancara mahasiswa baru STIBA INVADA gelombang 1 pada video berikut ini.