Serba-Serbi Kampus yang Mahasiswa Baru Wajib Tahu! (Bagian 1)

Kehidupan di kampus sangat berbeda dengan kehidupan di sekolah. Mulai dari lingkungannya, ilmu yang akan kamu pelajari, hingga istilah-istilah baru yang akan kamu temui di kampus. Kondisi ini akan sedikit membuatmu kebingungan pada awal-awal kuliah. Namun, jangan khawatir karena semua hal pasti memerlukan waktu untuk beradaptasi.

Nah, supaya kamu tidak kebingungan menghadapi kehidupan di kampus sebagai mahasiswa baru atau maba, kamu perlu tahu nih serba-serbi kampus berikut ini. Meski terdengar sepele, istilah-istilah di kampus ini akan membantu kamu dalam menjalani perkuliahan lho.

Serba-serbi Kehidupan Kampus

Sebagai mahasiswa baru atau maba sangat wajar jika kamu masih belum sepenuhnya mengetahui bagaimana kehidupan kampus. Apalagi, tentang istilah-istilah baru yang mungkin belum familiar di telinga kamu. Misalnya, seperti SKS, KRS, IP, IPK, dan istilah-istilah lainnya.

Mengenal istilah-istilah umum yang dipakai di kehidupan kampus akan memudahkan kamu dalam menjalani perkuliahan lho. Lalu, apa saja sih istilah-istilah di kampus yang perlu kamu ketahui? Berikut ini penjelasannya.

1. Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK)

OSPEK atau istilah yang lazim dipakai saat ini adalah Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan awal pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan PKKMB ini berisi pengenalan fakultas, program studi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), dan masih banyak lagi.

2. SKS (Satuan Kredit Mahasiswa)

Satuan Kredit Mahasiswa (SKS) merupakan istilah untuk menunjukkan bobot mata kuliah. Misalnya mata kuliah A sebanyak 2 SKS, sedangkan mata kuliah B sebanyak 2 SKS. Maka, bobot mata kuliah B lebih besar, baik dalam jam pelajaran (biasanya lebih panjang) dan pengaruhnya dalam nilai. Selain itu, ada juga istilah lain untuk bobot mata kuliah yaitu Beban Studi.

3. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)

Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP adalah biaya kuliah yang harus mahasiswa/I bayar pada setiap semesternya. Biasanya, istilah ini umum digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

4. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Uang Kuliah Tunggal atau UKT merupakan biaya yang harus ditanggung oleh mahasiswa/i berdasarkan kemampuan ekonominya. Biasanya, kampus yang menerapkan sistem UKT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

5. Isian Rencana Studi/Kartu Rencana Studi (IRS/KRS)

IRS/KRS adalah daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil di semester depan.  Kebijakan pembuatan IRS/KRS akan berbeda pada setiap kampusnya. Ada kampus yang sudah menentukan jumlah mata kuliah dan SKS nya atau disebut dengan sistem paket. Selain itu, ada juga yang membiarkan mahasiswanya menentukan daftar IRS/KRSnya untuk satu semester perkuliahan.

Nah, itulah beberapa istilah-istilah di kampus yang perlu kamu ketahui sebagai mahasiswa baru. Apa hanya segitu serba-serbi yang ada di kehidupan kampus? Pastinya masih banyak dong. Tunggu informasi lainnya di artikel selanjutnya ya.