Maba Wajib Tahu! Serba-serbi Istilah Baru di Dunia Kampus (Bagian 2)

Transisi dari anak sekolah menjadi anak kuliah mungkin terdengar menyenangkan, karena ada banyak hal baru yang kamu temukan. Namun, hal baru yang kamu temukan bisa membuat kamu bingung jika kamu tidak mencari tahu atau beradapatasi dengan lingkungan yang baru. Salah satunya dengan mengenal banyak istilah baru di dunia kampus.

Ada banyak sekali loh serba-serbi kampus yang harus kamu tahu. Setelah tahu istilah-istilah di dunia kampus pada artikel sebelumnya, yuk cari tahu lagi istilah baru apa lagi yang ada di kampus berikut ini.

1. Daftar Nilai Sementara (DNS)

Daftar Nilai Sementara atau DNS adalah nilai hasil perkuliahan mahasiswa selama satu semester. Nilai tersebut dicetak dalam bentuk huruf mutu dan juga Indeks Prestasi 0-4. DNS dan KRS biasanya diperlukan di tingkat akhir perkuliahan atau untuk keperluan administrasi. Jadi, usahakan simpan baik-baik keduanya.

2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM merupakan kegiatan ekstrakurikuler di kampus yang menjadi wadah untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. UKM terdiri dari tiga kelompok minat yaitu:

  • Olahraga: UKM Basket, UKM Renang, UKM Futsal, dll.
  • Kesenian: UKM Musik, UKM Tari, UKM Drama, UKM Seni dan Budaya, dll.
  • Unit kegiatan khusus: Unit kerohanian, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), dll.

3. IP/IPK

Indeks Prestasi atau IP adalah nilai yang diperoleh dalam perkuliahan  dengan rentang nilai antara 0 hingga 4. Sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK adalah perhitungan gabungan nilai IP dari tiap semester dalam bentuk rata-rata. Rentang IPK sama dengan rentang IP, yaitu antara 0 sampai 4.

4. Dosen

Dosen adalah sebutan untuk guru di dunia kuliah. Bukan hanya sebagai tenaga pengajar yang bertugas untuk mengajar mahasiswa, tapi juga membimbing kamu sebagai mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

5. Asisten Dosen

Asisten Dosen atau biasa disingkat Asdos yaitu mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan hal-hal terkait kegiatan perkuliahan atau proyek penelitian.

Nah, itulah beberapa istilah-istilah baru di dunia kampus yang harus mahasiswa baru atau maba ketahui. Mungkin masih banyak istilah-istilah lainnya yang ada di dunia kampus yang belum terdapat di sini ya. Selebihnya, kamu bisa mulai beradaptasi dan mengenal istilah-istilah lainnya sembari menjalani perkuliahan. Semangat!