Dear Maba, Ini Dia 5 Tips Kuliah Online Agar Lebih Efektif!

Sejak munculnya pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia menghimbau agar melakukan seluruh kegiatan belajar-mengajar dari rumah. Namun, ternyata kuliah online tidak semudah yang kita pikirkan ya. Ada banyak kendala yang membuat perkuliahan secara daring terasa berat. Mulai dari kendala yang bersifat teknis maupun nonteknis.

Salah satunya seperti manajemen waktu yang berantakan. Rasanya tugas-tugas menjadi terbengkalai karena tidak memiliki jadwal harian yang baik. Belum lagi, selama kuliah daring berlangsung kita juga disibukkan dengan pekerjaan rumah yang membuat kita sulit fokus. Wah rasanya kepala akan meledak ya hahaha. Apalagi bagi kamu mahasiswa baru yang belum tahu bagaimana rasanya kuliah online.

Meskipun pada saat sekolah pun kamu melaksanakan pembelajaran secara daring, tapi tentu ada perbedaan saat melaksanakan perkuliahan daring. Mulai dari jadwal kuliah atau waktu belajar yang lebih banyak, mata pelajaran yang lebih sulit, dan lain sebagainya.

Nah, agar perkuliahan daring tidak terasa berat dan lebih efektif, kamu perlu tahu nih beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Simak pembahasannya berikut ini ya.

Tips Kuliah Online Agar Lebih Efektif

1. Buat reminder jadwal perkuliahan

Tips Kuliah Online

Transisi dari anak sekolah menjadi anak kuliah memang perlu adaptasi ya. Salah satunya membiasakan diri menjalani perkuliahan yang bisa jadi lebih padat dibandingkan saat sekolah dulu. Terlebih lagi pada perkuliahan daring seperti saat ini yang rentan lupa jadwal kuliah. Kalau ini terjadi satu atau dua kali, mungkin masih terbilang wajar ya. Tapi, bagaimana kalau terjadi berulang-ulang kali? Alamat dicari dosen dong ya hahaha.

Untuk mengantisipasi agar tidak lupa jadwal kuliah, kamu bisa membuat reminder atau pengingat jadwal perkuliahanmu. Bisa dengan sticky note yang kamu tempel di tempat belajar atau reminder di smartphone yang kamu setting setiap hari atau sebelum kelas dimulai. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah meminta orang tua atau saudara di rumah untuk mengingatkanmu.

2. Kerjakan tugas sesuai deadline yang ditentukan

Tips Kuliah Online

Salah satu kendala saat menjalani perkuliahan daring adalah manajemen waktu yang buruk. Terutama dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah. Seringkali, karena kita merasa memiliki banyak waktu di rumah, kita melupakan tugas-tugas kuliah yang harus dikerjakan. Imbasnya tugas-tugas jadi terbengkalai.

Agar kamu tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas yang ada, sebaiknya kamu kerjakan tugas sesuai dengan deadline yang ditentukan. Meskipun kamu memiliki waktu senggang yang banyak di rumah, namun tidak ada salahnya untuk mengerjakan tugas jauh sebelum batas pengumpulannya.

Cobalah untuk menanamkan dalam diri, bahwa hari esok mungkin akan datang tugas baru. Sehingga kamu memiliki trigger untuk lebih semangat mengerjakan tugas. Berani untuk coba mengerjakan tugas jauh-jauh hari?

3.  Beritahu orang tua terkait jadwal kuliah

Tips Kuliah Online

Kendala lainnya selama menjalani perkuliahan daring adalah urusan rumah yang seringkali mengganggu perkuliahan. Misalnya, saat kamu sedang Zoom, tiba-tiba ibumu menyuruhmu untuk menjaga adikmu. Bayangkan, menyimak materi yang disampaikan dosen saja sudah memerlukan fokus tingkat tinggi, apa jadinya sambil menjaga adik juga? Rasanya kepala akan pecah ya hahaha.

Agar hal ini tidak terjadi, cobalah untuk memberitahu orang tua terkait jadwal kuliahmu. Misalnya, sampaikan hari ini akan ada kelas Bahasa Jepang dari jam 8 sampai dengan jam 10. Dengan begitu, ibumu tidak akan mengganggumu di jam kuliahmu.

4. Cari tempat yang nyaman

Tips Kuliah Online

Sama seperti menjalani perkuliahan luring, menjalani perkuliahan daring juga memerlukan tempat yang nyaman. Tidak bising, jaringan internet yang stabil, dan minim gangguan dari luar. Hal ini agar kamu dapat fokus menyimak materi perkuliahan dengan baik.

5. Catat hal-hal penting selama perkuliahan

Tips Kuliah Online

Menjalani perkuliahan daring bukan berarti bisa santai dan mengabaikan materi perkuliahan. Agar kamu tidak kesulitan di kemudian hari, kamu harus tetap menyimak materi perkuliahan dan mencatat hal-hal penting selama perkuliahan. Gunakan sesi tanya jawab dengan sebaikmungkin, agar kamu dapat memahami materi perkuliahan dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips kuliah online yang bisa kamu lakukan selama menjalani perkuliahan daring. Mungkin kamu punya tips-tips lainnya yang bisa kamu bagikan di kolom komentar agar menjadi motivasi bagi teman-teman mahasiswa lainnya. Semangat kuliah!