Prodi Sastra Inggris STIBA INVADA datangkan Native Speaker

Prodi Sastra Inggris STIBA INVADA Cirebon akan kedatangan Volunteer dari salah satu negara di EROPA. Ini pertama kalinya Prodi Sastra Inggris mendatangkan native speaker untuk membantu mahasiswa berlatih conversation langsung dengan penutur aslinya.

Elliot Potter yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di College Brimingham Studying BA (Hons) direncanakan tiba di Cirebon pada Sabtu, 02 November 2019. Kedatangan Elliot merupakan realisasi kerjasama antara stiba invada dengan dejavato beberapa waktu lalu.

Elliot rencana akan menetap di STIBA Invada selama satu bulan dan membantu pembelajaran di kelas sehingga mahasiswa termotivasi untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seperti yang disampaikan oleh Mr. Sukirman selaku Kaprodi Bahasa Inggris bahwa dengan adanya volunteer dari Perancis ini diharapkan dapat membantu pembelajaran di kelas sehingga mahasiswa termotivasi untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

” Kedatangan volunteer dari Prancis ini diharapkan beliau bisa membantu pembelajaran di kelas sehingga mahasiswa termotivasi untuk berbicara Bahasa inggris lebih baik lagi “, Ujar Mr. Sukirman menyampaikan.

Selain itu Mr. Sukirman juga mengatakan bahwa nanti bukan saja Bahasa Inggris yang akan dipelajari, tetapi juga budaya dan bahasa asing lainnya dimana Mr. Elliot berasal. Dalam membantu pengembangan perkuliahan yang ada di STIBA Invada, ini adalah sesuatu uang sangat berharga untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa di kelas. Mr. Elliot berencana akan tinggal di STIBA Invada selama 22 hari sejak tanggal 02 November s.d 24 November 2019.

” Meskipun hanya berdomisili sekitar 3 minggu disini, saya akan meminta berliau turut terlibat dalam proses perkuliahan, semoga ada perubahan yang signifikan yang didapat dari volunteer dan mahasiswa kami juga banyak menimba ilmu dari beliau”, ujarnya lagi

Ditambahkan oleh Sekertaris Program Studi Bahasa Inggris Ms. Riska Kusumawardani bahwa kedatangan volunteer kali ini merupakan awal dari kerjasama antara STIBA INVADA dengan dejavato pada program Short Term Volunteering/ Workcamp. Program ini kedepannya berkesinambungan, jadi setelah ini akan ada volunteer lain lagi yang datang dengan waktu yang lebih lama pada program Mid & Long Term Volunteering/ Workcamp . Selain itu, mahasiswa stiba invada juga kedepannya diberi kesempatan untuk menjadi volunteer di seluruh Benua di dunia meliputi Benua Asia Pasific, Benua Eropa, Benua Amerika, dan Benua Afrika. Dengan kesempatan ini mahasiswa dapat menerapkan langsung keilmuannya dibidang literature dan komputer serta dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalan bahasa Inggris.

Beliau juga berharap dengan adanya volunteer Bahasa Inggris ini dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk berlajar berkomunikasi dan mengaplikasikan kemampuannya langsung dengan penutur aslinya.

“Karena kan jarang sekali yah kampus dengan jurusan bahasa inggris yang ada native speakernya, sehingga kebanyakan pinter akademis tapi ga bisa ngomong. Oleh karena itu, dengan adanya Mr. Elliot mahasiswa harus bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik baiknya”, Riska menegaskan

Riska juga mejelaskan bahwa selama Mr. Elliot disini, prodi Bahasa Inggris telah mempersiapka berbagai macam kegiatan mulai dari kegiatan di kelas, English Camp, Pengenalan budaya, Presentasi dalam bahasa inggris dan juga speech dimana rangkaian kegiatan itu akan diikuti oleh seluruh mahasiswa Bahasa Inggris dari tingkat 1 sampai dengan tingkat 4. (Int)