Pengenalan Budaya Jepang di SMAN 1 Cirebon |Shodou

Budaya Jepang yang unik selalu menjadi daya tarik bagi para pembelajar bahasa Jepang. Pada program pengabdian masyarakat kali ini, Prodi Bahasa Jepang memperkenalkan budaya Jepang kepada siswa SMA se wilayah III Cirebon.

Kamis, 05 September 2019 lalu pengenalan budaya Jepang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cirebon. Siswa yang biasanya belajar di ruang kelas, kali ini belajar langsung budaya Jepang bersama native. Materi pengenalan budaya kali ini adalah tentang seni menulis huruf Jepang atau yang disebut dengan Shodou (書道).

Penjelasan awal oleh Sanuki Yurina dan Yamashita Anna

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang siswa siswi SMAN Negeri 1 Cirebon yang tergabung dalam Japanese Club. Materi diisi langsung oleh native speaker dari Jepang yaitu Sanuki Yurina dan Yamashita Anna.

Pada awal pembelajaran, Yurina dan ana Sensei selaku Native menjelaskan tentang bagaimana cara menulis kaligrafi Jepang. Setelah itu dipraktekan oleh siswa secara bersama sama yang dibantu oleh mahasiswa STIBA Invada Dion vilcy Setiabudi dan Gustafiyanto Faranki.

Pengenalan budaya kaligrafi Jepang tersebut mendapat respon yang cukup baik dari pihak sekolah maupun siswanya. Siswa sangat antusias dan masing masing mencoba menggunakan fude asli dari Jepang yang memang di sediakan oleh pihak STIBA Invada.

” Kegiatannya sangat menyenangkan untuk anak-anak, dalam kesempatan ini juga mereka bisa bertemu dan belajar dengann orang jepang”, ujar Diana Tasliman sensei selaku pembina Japanese Club di SMAN 1 Cirebon. Diana sensei juga berharap kegiatan kegiatan seperti ini terus dapat dilakukan karena sangat bagus untuk perkembangan pengetahuan dan keilmuan siswa.

Ina dan Anna ketika memberi contoh penulisan Kaligrafi Jepang