Dua alumni STIBA INVADA Lolos Bekerja di Jepang

Alumni prodi Sastra Jepang dan Sastra Inggris STIBA Invada Cirebon lolos diterima bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kagawa Prefecture, Jepang. 2 mahasiswa tersebut bernama Putri Kusuma Sari (24 tahun) dan Indry Oktavia (24 tahun). Mereka lolos mengikuti program kerja di Jepang pada perusahaan udon (Kabushiki Gaisha). Sebelum dinyatakan di terima, mereka telah melalui beberapa tahap seperti tes wawancara dan tes tulis.

Menariknya, yang biasanya hanya jurusan sastra jepang yang bekerja atau melanjutkan pendidikan di Jepang, tetapi kali ini berbeda. Indry Oktavia merupakan salah satu alumni STIBA Invada prodi Sastra Inggris. Menurutnya bekerja di Jepang bukan hanya untuk yang bisa atau jago bahasa Jepang tetapi semua orang bisa asal ada kemauan dan berusaha.

Putri Kusuma Sari

Alumni dari prodi sastra jepang bernama Putri Kusuma Sari atau yang akrab disapa Putri sebelumnya sudah pernah ke Jepang dalam program magang saat masih kuliah semester VI

tetapi hanya 5 bulan. Walaupun sudah pernah ke Jepang, namun putri sangat antusias dan semangat ketika mendapatkan kabar kalau diterima kerja di jepang. Menurutnya ini peluang besar bisa pergi lagi ke Jepang untuk mendapatkan pengalaman dan mengasah bahasa jepang lebih dalam lagi.

Sebelum bekerja, mereka belajar terlebih dahulu selama 1 bulan di Hiroshima senter. Dan mulai bekerja pada bulan berikutnya di Kagawa Prefecture. Setibanya di Jepang, mereka harus karantina terlebih dahulu, untuk mencegah adanya penularan Covid-19. Keberangkatan mereka tentunya menambah daftar nama lulusan STIBA Invada yang bekerja ataupun melanjutkan pendidikan di Jepang.

Yanti Hidayati selaku Puket 1 STIBA Invada, menuturkan “Dari beberapa alumni yang sudah bekerja di Jepang, rata-rata setelah mereka kembali, memberikan cerita yang menyenangkan, karena selama mereka magang atau bekerja, mereka bekerja dengan sangat baik, sesuai dengan aturan dan jam kerja, tidak ada cerita kalau mereka dipaksakan untuk bekerja. Penghasilan yang mereka dapatkan juga lumayan tinggi. Kesejahteraan mereka sangat bagus, sehingga mereka sukses, mereka datang dengan cerita yang bagus,” ungkapnya.

Pesan untuk adik tingkat “Dont be afraid to TRY the new things and never be tired to learns more and more” dan Jangan patah semangat cobaan pasti datang, gagal itu wajar, tidak ada yang tidak mungkin 頑張って下さい!!~ 間違えてもどうぞいっぱいいっぱい日本語を出して、ワンアップになりましょうー (Ganbattekudasai!!~ Machigaete mo dōzo ippai ippai nihongo o dashite, wanappu ni narimashou ) yang maksudnya “ Semangat terus!! ~ walaupun salah banyak, berbicara pake bahasa Jepang nya, ayoo kita sama-sama naik satu level lebih tinggi lagi (Pras)

Untuk kalian yang mau seperti mereka? Kuliah di STIBA Invada aja. Dapatkan potongan uang masuk 50%. Informasi lebih lanjut