STIBA Invada Gelar Seminar Ilmu dan Budaya

Cirebon – STIBA Invada kembali gelar seminar Bahasa dan budaya atau yang disingkat dengan SEBAYA pada Sabtu, 17 January 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan minat menulis karya ilmiah dikalangan mahasiswa dan dosen.

Kegiatan SEBAYA pertama kali diselenggarakan oleh prodi Sastra Inggris tahun 2020 pada mata kuliah Seminar Linguistik. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa terbiasa dengan budaya menulis dan meneliti kajian kajian yangb erkaitan dengan imu bahasa dan budaya.

Pada tahun 2021 ini , STIBA invada kembali menggelar SEBAYA dengan tema “Dokumentasi Pengetahuan melalui Bahasa dan Budaya” . Seminar kali ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom. Seminar ini dihadiri 180 mahasiswa termasuk pemakalah dan presentasi penelitian dosen.

Pelaksanaam seminar dilakukan secara daring

Pada tahun 2021 ini kajiannya yang dibahas juga lebih luas meliputi Kajian Linguistik Mikro dan Makro meliputi Fonologi,Morfologi, Sintaksis, Semantik, Semiotik, Pragmatik, Sosiolinguistik, Analisis Wacana, Psikolinguistik, dan kajian kajian ilmu bahasa lainnya.

Dengan kajian yang lebih lebih luas diharapkan dapat menggali isu isu permasalahan yang ada saat ini. Yanti Hidayati, S.Pd., M.Hum selaku wakul ketua 1 bidang akademik menyatakan bahwa kegiatan SEBAYA ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan fenomen fenomena social dan budaya dilingkungan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wadah pemateri untuk menghasilkan karya dan penelitiannya.

Panitia yang terlibat pada kegiatan ini adalah mahasiswa tingkat III dan tingkat IV. Selain itu dosen dosen juga terlibat sebagai pembina dan pemakalah. Denganmelibatkan mahasiswa pada seminar ini diharapkan dapat memberikan pengalaman mahasiswa dalam berorganisasi dan membuat sebuah seminar pendidikan.

Yanti juga berharap kedepannya kegiatan SEBAYA ini terus diselenggarakan untuk memotivasi mahasiswa dan dosen untuk meneliti dan membuat karya karya ilmiah. (int)

Sumber : Channel Youtube STIBA INVADA