Mahasiswa STIBA INVADA Juara Lomba News Anchor Contest

Megita Rubi, mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang, STIBA INVADA menjadi Juara II Lomba News Anchor Contest pada Widyatama Internasional Academy Competition atau Wi-Can. Salah satu lombanya adalah Japanese new anchor contest yang dilaksanakan pada Rabu, 11 Desember 2019 dengan pesertanya berasal dari wilayah Jawa Barat .

STIBA invada mengirimkan satu orang perwakilan dalam kompetisi tersebut. Kriteria penilaian pada acara tersebut diantaranya kelancaran, intonasi, kejelasan, pelafalan, gesture dan ekspresi. Juri juga memberikan ketentuan kepada seluruh peserta untuk memilih salah satu tema dari tiga tema yang disediakan oleh panitia. Pada saat lomba, peserta dilarang membawa teks atau media apapun, kekuatannya adalah pada pelafalan dan bagaimana memahami isi bacaan dan improvisasi yang dibuat oleh peserta.

Megita Rubi (Kedua dari kiri) ketika mendapat penghargaan Juara kedua

Ketua Program Studi Bahasa Jepang STIBA INVADA Yanti Hidayati, S.Pd., M.Hum merasa bangga atas pencapaian yang diraih oleh Megitia Rubi.

“Saya bangga ya, ini merupakan kali pertama kami mengirimkan pada lomba news Anchor. Mahasiswa kami berhasil membawakan news dalam bahasa Jepang dengan pelafalan yang baik, lancar dan ekspresinya udah seperti pembawa berita profesional”, komentarnya bangga ketika melihat video lomba

Sementara megitia pada akun media sosialnya mengaku tidak percaya bisa menjadi juara karena persiapan yang sangat singkat.

” Waktu latihan yang singkat, aku kira cuman aku aja yang begitu, ternyata peserta yang lain juga sama. Bener-bener pengalaman yang berharga “, tulis megitia pada akun media sosial miliknya . (Int)