STIBA INVADA Raih Prestasi Pada Bandung Nihongo Nihon Bunkasai 45 FIB Unpad

Prestasi kembali diukir Untuk kesekian kalinya oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Invada Cirebon. Kali ini Prestasi diperoleh dari acara Pekan Bahasa dan Kebudayaan Jepang ke 45 (Bandung Nihongo Nihon Bunkasai 45) yang digelar oleh Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjajaran.

Pada Event Yang digelar tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2019 tersebut 13 mahasiswa dari STIBA INVADA mengikuti berbagai lomba seperti Pidato Bahasa Jepang, Menulis dan membaca huruf Kanji, huruf Kana, mengarang dalam bahasa jepang (Sakubun), kontes mendengarkan (Choukai), hingga Karaoke lagu bahasa Jepang. Para mahasiswa didampingi oleh Dosen Pembina Andi Abd.Khaliq Syukur, S.S., M.Hum, Native speaker dari Jepang Yamashita Anna dan Sanuki Yurina.

Dari beberapa lomba STIBA Invada berhasil membawa pulang 3 trophy pada kategori Speech Contest Bahasa Jepang level A yang diraih oleh Siti Maria dan Megita Rubiana Sabella. Serta Juara 1 Lomba Karaoke lagu bahasa Jepang yang berjudul Home milik Kiyama Yusaku dan Sukina Hitoga Irukoto milik JY yang dipersembahkan oleh mahasiswa tingkat 2 Riza Mawarni.

Ketua Prodi Sastra Jepang STIBA INVADA, Yanti Hidayati, S.Pd.,M.Hum mengatakan bahwa prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswanya tersebut merupakan sesuatu hal yang membanggakan. Menjadi bonus atas usaha dan latihan yang telah mereka lakukan secara intensif di kampus.

Bunkasai ke-45 yang diselenggarakan oleh FIB UNPAD tersebut diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi seperti UPI, Universitas Widyatama, STIBA Invada, Unikom, Universitas Kristen Maranatha dan STBA Yapari, Universitas Nasional Pasim dan universitas universitas lain yang berada di wilayah Jawa Barat.

“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan. Apalagi, melihat peserta lainya yang dari kampus kampus ternama di Jawa Barat. Tetapi anak anak kita mampu bersaing. Itu luar biasa sekali” ungkap Yanti mengekspresikan kebanggaan terhadap prestasi mahasiswa mahasiswanya.

Mahasiswa sendiri merasa bangga dan tidak menyangka akan mendapat juara dan dapat mengalahkan universitas universitas lain di Jawa Barat pada ajang bergengsi tersebut.

“nggak nyangka banget. Karena tahun kemaren ikut tapi belum dapat. Dari situ makin termotivasi karena lawan lawanya juga dari kampus ternama. Alhamdulillah, tahun ini dapat,” ungkap Maria Juara 2 Lomba Speech contest.

Sementara Megita Juara 3 Speech contest mempresentasikan pengalaman pribadinya juga mengaku nggak percaya. Karena sebelum berangkat sempat sakit. “pas pidato nangis. Pas diumumin juga nangis. Karena nggak percaya dapat juara. Apalagi persiapanya kurang maksimal karena sempat ngedrop,” ucap Megita.

Sementara untuk kategori Karoke lagu bahasa Jepang, Riza Mawarni, mahasiswa tingkat 2 berhasil meraih predikat juara 1 setelah penampilanya membawakan lagu berjudul Home milik Kiyama Yusaku dan Sukina Hitoga Irukoto milik JY sukses memukau para dewan juri. Riza sendiri bahkan mengaku baru pertama kali mengikuti kompetisi. Dengan hasil tersebut ia semakin termotivasi.

“Alhamdulillah banget. Karena melihat lawan lawannya dari kampus ternama itu sempat penasaran juga. Tapi itu jadi semakin termotivasi” ujarnya.