Tiga Mahasiswa STIBA INVADA Menerima Beasiswa ke Korea Selatan

Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris STIBA invada menerima beasiswa pertukaran Mahasiswa ke Korea Selatan selama 6 bulan di Hanbat National University.

Hal ini merupakan sesuatu yang baru bagi program studi Bahasa Inggris Stiba Invada. Program ini adalah keberlanjutan kegiatan kunjungan ketua STIBA Invada ke Korea Selatan pada agustus 2019 lalu. Pada kunjungan tersebut dilakukan pula kerjasama antara STIBA Invada dengan pihak Hanbat National University. Kerjasama tersebut meliputi pertukaran mahasiswa Internasional dan pengembangan riset dan teknologi bagi dosen di STIBA Invada.

Pembukaan beasiswa belajar ke Korea Selatan yang diselenggarakan oleh Hanbat National University dibuka Pada Oktober 2019 lalu. Beberapa mahasiswa dari program Study Bahasa Inggris mendaftar pada program tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dilengkapi mahasiswa diantaranya mahasiswa harus membuat surat lamaran, deskripsi diri, Surat keterangan check up dari Rumah Sakit yang ditunjuk, Nilai Indeks Prestasi Kumulatif, Surat Keterangan sebagai Mahasiswa STIBA Invada, TOEFL, dan sertifikat kegiatan lainnya yang pernah diikuti. Mahasiswa juga harus menceritakan maksud dan tujuan belajar ke korea selatan.

Senin, 30 desember 2019 lalu, tiga orang mahasiswa kami mendapatkan surat resmi dari Hanbat National University yang menyatakan bahwa mereka lolos dan menerima beasiswa untuk belajar ke Korea Selatan. Mahasiswa tersebut yaitu yaitu Siti Kania, Firda Fauziah, dan Nabila.

Proses selanjutnya setelah menerima surat adalah menunggu COA atau Ceriticate of Admission. Setelah itu mengunjungi kedutaan besar Korea Selatan di wilayah Jakarta untuk mengambil Visa. Rencana keberangkatan mahasiswa ke Korea Selatan pada tanggal 28 February 2020.

Kegiatan Mahasiswa selama di Korea Selatan

Ada beberapa hal yang juga dipersiapkan oleh prodi untuk keberangkatan perdana pada pertukaran pelajar ini, yaitu melalui English Crass program. Target dari mengikuti program tersebut adalah agar mereka dapat fasih berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bekal selama mengikuti kegiatan Student Exchange program.

Adapun kegiatan mahasiswa di Korea Selatan adalah mengikuti pembelajaran bahasa korea sebanyak 9 mata kuliah khusus bahasa korea. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat melakukan study comparation mengenai cara belajar dan budaya yang diterapkan di Korea Selatan dengan yang ada di STIBA Invada. Hanbat National University juga mengundang beberapa universitas dari Asia Tenggara, Asia Timur, Afrika dan Eropa.

Tujuan dari prodi Bahasa Inggris sendiri mengikuti program ini adalah untuk membuka wawasan dan pergaulan mahasiswa di kancah internasional. Selain itu, diharapkan setelah lulus mahasiswa memiliki kompetemsi multi languange. Tidak hanya Bahasa Inggris, tetapi juga dapat menguasai bahasa lain seperti Bahasa Korea dan Bahasa Jepang sehingga mereka memiliki daya saing yang tinggi dan lebih percaya diri.