Edukasi Literasi Keuangan dan Perbankan – Oleh Mega Syariah

literasi keuangan adalah suatu rangkaian proses atau kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan keyakinan (confidendence) konsumen maupun masyarakat agar mereka mampu mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik.

STIBA Invada yang merupakan sekolah tinggi bahasa asing dengan 3 kemampuan dibidang bahasa Inggris/bahasa Jepang, Teknologi Informasi dan kewirausahaan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui mengenai sistem keuangan dan perbankan.

Edukasi literasi perbankan tersebut diberikan dalam mata kuliah kewirausahaan yang merupakan rangkaian lanjutan dari acara bazar kewirausahaan yang dilaksanakan pada 15 pril 2018 lalu. Edukasi literasi keuangan tersebut menghadirkan kepala cabang Bank Mega Syariah Ibu Ida Santi, S.E sebagai pembicara.

Pada acara tersebut mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai sistem perbankan, permodalan dan hal – hal yang berkaitan dengan keuangan.

Asisten Dosen Kewirausahaan Juwintan, S.S., M.Hum mengungkapkan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama STIBA Invada dengan Bank MEGA Syariah dalam memberi pengetahuan mahasiwa tentang keuangan dan perbankan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana penggunaan sistem keuangan termasuk didalamnya permodalan, produk produk perbankan dan hal – hal yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha yang dilakukan oleh mahasiswa.

“Kami berharap, setelah lulus nanti mahasiswa bukan saja menjadi karyawan atau mencari kerja tapi mereka juga bisa membuka lapangan kerja. Makanya, di STIBA Invada mahasiswa kami bekali denganberbagai keahlian termasuk didalamnya kewirausahaan. Pada mata kuliah ini mahasiswa bukan saja mendapat teori tetapi langsung praktek dengan praktisi praktisi di bidangnya, termasuk memperkenalkan mereka pada sistem perbankan”, ungkapnya.