STIBA INVADA Adakan Seminar Journalism in the Industrial Revolution 4.0

Cirebon – STIBA Invada menyelenggarakan kegiatan Seminar dan workshop yang bertemakan jurnalisme dengan mengambil judul “Journalism in the Industrial Revolution 4.0″ pada 6 Juli lalu.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah mengupayakan agar mahasiswa memiliki skill dalam bidang penulisan di media masa, disamping itu juga mereka akan mendapat ilmu dan wawasan ke jurnalisan untuk bekal di masa depan mahasiswa.

Seperti yang diungkapkan oleh ketua Prodi Sastra Inggris H.M Sukirman Djusma, S.Pd., M.M bahwa dunia jurnalisme saat ini memiliki peran sangat penting serta prospek kedepannya sangat menjanjikan, apalagi di era revolusi industri 4.0 yang tidak lagi mengutamakan ketepatan tapi lebih pada kecepatan.

“Siapa tau mereka tertarik untuk menjadi wartawan freelance baik di media konvensial maupun digital karena pada saat ini dunia jurnalisme berperan sangat penting dan tentu prospek kedepannya sangat menjanjikan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya”, ungkap beliau

Yang menjadi narasumber pada acara ini adalah seorang jurnalis yang telah memiliki rekam jejak di bidangnya yaitu Nana Hanafi. Beliau memiliki latar belakang pendidikan bidang ilmu filsafat di UGM dan telah mengawali karirnya sejak tahun 1999 sebagai seorang wartawan radar.

Peserta Seminar & Workshop dihadiri Mahasiswa STIBA dan STKIPInvada

Dalam paparannya diseminar tersebut, beliau memadukan antara ilmu jurnalisn dengan revolusi industri 4.0. Di samping itu, peserta dilibatkan dalam kegiatan workshop pelatihan penulisan artikel dan lain sebagainya.

Respon mahasiswa terhadap kegiatan ini sangat positif . Banyak hal yang mereka dapatkan dari kegiatan ini. Selain ilmu penulisan, mereka juga mendapatkan wawasan baru.

H.M Sukirman Djusma, S.Pd., M.M juga mengungkapkan bahwa pemilihan seminar dan workshop di bidang jurnalisme ini karena Stiba invada lebih fokus pada kebutuhan pangsa pasar khususnya dunia jurnalisme yang dapat disalurkan melalui media cetak maupun media digital. 2 hal kepentingan itu berperan sangat penring untuk pembekalan mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

” Kami harapkan kepada mahasiswa yang telah mengikuti seminar dan workshop agar disikapi lebih serius dan kedepan ilmunya dapat lebih dimanfaatkan dan di eksploroasi lebih mendalam apalagi mahasiswa memiliki kemampuan dibidang bahasa asing dan teknologi”, ujar nya

Sebagai penutup beliau juga mengungkapkan “Mimpi kami para pembimbing adalah mencetak alumni alumni yang siap pakai sehingga mahasiswanya berkualitas dan memiliki multi skill”.