STIBA INVADA Sukses Gelar Event Bunkasai 2018

STIBA INVADA sukses gelar bunkasai atau Pekan Budaya & Bahasa Jepang 2018. Event yang dilaksanakan selama 2 hari ini yaitu hari Jumat, 16 November 2018 di Kampus STIBA INVADA dan Sabtu, 17 Nvember 2018 di Grage City mall mengusung tema  Nihon no Oukoku atau Kerajaan Jepang.

Pembina acara Bunkasai 2018, Sensei Andi Abdul Khalik Syukur SS MHum menjelaskan, tema tersebut diusung untuk memperkenalkan budaya Jepang ke masyarakat umum. Lebih dari itu, melalui Bunkasai, STIBA Invada berkomitmen menjadi pusat budaya dan bahasa Jepang di wilayah III Cirebon. Salah satunya dengan berupaya untuk memfasilitasi pembelajar Bahasa Jepang dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

“STIBA Invada berkomitmen untuk menjadi pusat untuk pembelajaran Bahasa Jepang, sekaligus memberikan pengetahuan terhadap budaya Jepang lewat berbagai macam perlombaan,” ungkapnya.

Event bunkasai tahun ini merupakan event bunkasai yang ke – 10 yang diadakan oleh STIBA INVADA dengan dua kategori lomba yaitu lomba yang ditujukan untuk pelajar dan untuk umum. Lomba untuk pelajar diantaranya lomba Kana (Esai huruf Jepang), Shodou (kaligrafi Jepang), Rodoku (membaca Bahasa Jepang), Manga (lomba Komik), Lomba membuat Sushi dan mading sedangkan untuk umum ada lomba karaoke dalam Bahasa Jepang dan lomba Cosplay.

Sementara itu ketua panitia Bunkasai 2018, Irfanita menjelaskan bahwa bunkasai tahun ini mendapat respon yang positif dari seluruh masyarakat kota Cirebon, terutama anak-anak mudanya. Event bunkasai ini menjadi tempat bertemunya anak-anak muda yang mencintai Bahasa dan kebudayaan Jepang. Bekerja sama dengan salah satu Bank Jepang, yang di support juga oleh perusahaan dari Jepang dan Japan Foundation, acara tersebut menjadi sangat meriah dan mencuri perhatian masyarakat.

”Visi kami di tahun-tahun berikutnya, Hima Sastra Jepang STIBA Invada dapat menyelenggarakan Japan festival di kota Cirebon. Dengan jangkauan kota yang lebih luas dan acara yang lebih seru,” imbuhnya

Adapun Nama – nama pemenang pada Bunkasai 2018 diantaranya adalah :

  • Lomba Kana : Faizal Hamdun dari SMAN 2 Majalengka, Carissa Farah dari SMAN 1 Cirebon, dan Eunike Amelia dari SMK Penabur Cirebon
  • Lomba Shodou : M Aris Saepul dari SMKN 1 Mundu, Wildan Mustofa dari SMKN 1 Kedawung, Willin Anggraeni dari SMKN 1 Mundu
  • Lomba Rodoku : Hanisa Azahra R dari SMAN 1 Cirebon, Shaila Shavika dari SMAN 1 Cirebon, Bagja dari SMAN 3 Cirebon
  • Lomba Membuat Sushi : Group dari SMKN 1 Kedawung, SMAN 1 Leuwimunding , SMK Persada Kuningan
  • Lomba Mading : SMKN 1 Kedawung Group A, SMKN 1 Kedawung Group B, SMAN 6 Cirebon Group B
  • Lomba Manga : Yasa Yuliana SMKN 1 Indramayu, Shaila Savikar dari SMAN 1 Cirebon, Shafia Azzahra dari SMAN 6 Cirebon
  • Lomba karaoke : Fransiska dari SMAN 1 Sindang.

Selain menjadi ajang berkumpulnya komunitas pecinta budaya Jepang, Bunkasai juga menjadi ajang berkumpulnya cosplayer yang turut meramaikan acara tersebut. (int)

Baca Juga Bunkasai STIBA INVADA 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *