Empat Mahasiswa STIBA INVADA Magang Ke Jepang

Empat Mahasiswa STIBA INVADA Magang Ke Jepang

CIREBON – Stiba Invada terus  meningkatkan kualitas mahasiswanya di bidang pendidikan. Kali ini, empat mahasiswa STIBA Invada berkesempatan  magang di Niigata, Jepang. Program tersebut merupakan hasil kerjasama antara Prodi Bahasa Jepang Stiba Invada dengan RNC (Recruiting Notes Communication) yang merupakan sebuah lembaga yang mempersiapkan dan mengelola SDM dengan pusat kantor di Tokyo. Keempat mahasiswa yang berangkat yakni Lina Siti Munawaroh, Rachmadini Shendy, Putri Kusumasari, dan Arif Rahman Hakim. Mereka merupakan mahasiswa tingkat tiga yang diharuskan mengikuti program PKL sesuai dengan kurikulum akademik prodi. Keempat mahasiswa tersebut magang selama tiga bulan di musim dingin, yaitu pada periode 24 Desember hingga 4 April 2018.

Pada awalnya program magang tersebut ditawarkan pada seluruh mahasiswa Bahasa Jepang tingkat III, kemudian dilakukan seleksi dan terpilih 7 (tujuh) orang. Kemudian seleksi berlanjut pada sesi wawancara melalui media skype dengan orang Jepangnya langsung dan  yang terpilih untuk program magang tersebut hanya 5 orang. Seperti yang dijelaskan oleh Prodi Bahasa Jepang Yanti Hidayati S.Pd., M.Hum. ” Dari RNC menawarkan program ini. Akhirnya dari hasil seleksi oleh RNC 5 orang mahasiswa lolos, namun hanya empat orang yang berangkat karena satunya visa tidak di approved,” ujarnya.

Melalui program tersebut, keuntungan yang didapat para mahasiswa yang berangkat dapat menambah wawasan & kemampuan bahasa Jepang. Selain itu, mahasiswa juga bisa merasakan bagaima berinteraksi dengan orang Jepang langsung, baik komunikasi maupun budaya serta kebiasaan orang Jepang seperti disiplin dan hal – hal lainnya sehingga ketika lulus mahasiswa bisa lebih siap di dunia kerja.

Tidak hanya mendapatkan pengalaman dan ilmu, mahasiswa peserta magang juga akan mendapat Gaji dari perusahaan tempat mereka magang  berkisar Rp 11 juta per bulan. Fasilitas lainnya yang disediakan untuk mahasiswa adalah makan, tempat tinggal, dan bermain sky sebanyak tiga kali. Selama bekerja mereka juga di cover oleh asuransi untuk menjamin keselamatan merek dalam bekerja.

Ke depan, program ini akan dilaksanakan secara rutin untuk mahasiswa tingkat III. Berikutnya akan berangkat pada kisaran Juli – September 2018. Wilayah lain yang ditawarkan oleh RNC adalah Perfektur Okinawa, Hokaido, Nakuba, Karuizawa, Nagano, dan Toyama. ” Ke depan, jika yang saat ini berjalan dengan lancar jumlah mahasiswa yang berangkat akan di tambah,” ungkap Yanti sensei.

Ketua STIBA Invada Mahfud, Drs., M.Si., M.Kom menambahkan, mudah-mudahan keberangkatan empat mahasiswa melalui program bersama RNC tersebut menjadi langkah awal yang baik untuk periode berikutnya. Berangkat pada musim dingin juga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka, mengingat di Indonesia tidak ada musim salju. Oleh karean itu, kesiapan mental dan fisik juga menjadi hal yang penting.

”Diharapkan bukan hanya empat orang tetapi lebih dari itu, karena saya yakin dengan bisa magang langsung di Jepang tentu ada ilmu yang tidak bisa di dapat di sini,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto : Penyerahan tiket pulang – pergi secara simbolis pada acara pelepasan mahasiswa magang hari Jumat, 22 Desember 2017 lalu

 

 

 

 

 

Foto : Mahasiswa Ketika Sampai di Jepang, di jemput dan diantar ke lokasi magang oleh Mr. Kanji Tokunaga

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *