Latih Kemampuan Bahasa Inggris Lewat Theater

07-08-18 stiba 0 comment

Latih Kemampuan Bahasa Inggris Lewat Theater

 

Di era global saat ini, kemampuan Bahasa Inggris menjadi salah satu skill yang perlu dimiliki oleh generasi milenial. Di program studi Sastra Inggris STIBA Invada, Bahasa Inggris tidak hanya dikenalkan secara teori. Akan tetapi praktek langsung percakapan juga dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan drama theater.

Ruang serba guna lantai 3 kampus STIBA Invada menjadi panggung pertunjukkan mahasiswa semester 6 prodi Sastra Inggris untuk tampil. Dengan kostum yang kreatif, mereka membawakan drama yang diadaptasi dari karya sastra Luke Shin.

Melakukan persiapan sekitar dua bulan, mereka sukses membawakan drama tersebut. Pentas theater tersebut merupakan bagian dari mata kuliah telaah drama. Di mana dalam Mata kuliah tersebut sebanyak 50 persen merupakan teori, dan 50 persennya lagi praktek.

“Pentas theater ini dalam rangka tugas akhir semester genap mahasiswa semester enam dari mata kuliah telaah drama. Drama yang ditampilkan tersebut merepresentasikan dari teori yang diberikan dalam kelas,” ujar Riska Kusumawati, M.Hum sebagai Dosen Sastra Inggris STIBA Invada.

Tujuan utama kegiatan tersebut adalah mahasiswa dapat mempraktekkan dari yang sudah dipelajari sebelumnya. Selain itu, melatih kemampuan Bahasa Inggris terutama dalam hal pronounciation (percakapan). Tidak hanya itu, daya ingat mahasiswa untuk menghafal naskah dalam Bahasa Inggris juga dilatih.

Di sisi lain, melalui penampilan theater tersebut mahasiswa juga bisa lebih mengapresiasi karya sastra. Pentas theater tersebut merupakan yang pertama kali dipentaskan dihadapan mahasiswa lainnya.

“Harapannya mahasiswa bisa lebih improve Bahasa Inggris. Lebih percaya diri juga untuk tampil dan terbiasa percakapan menggunakan Bahasa Inggris,” jelasnya.



Leave a reply