Magang ke Jepang, Program RNC

08-08-18 stiba 0 comment

 

Cirebon, Sabtu 21 Juli 2108 lalu Prodi Sastra Jepang STIBA Invada telah menyelenggarakan sosialisasi program Magang ke Jepang pada orangtua siswa. Program ini merupakan program kerjasama antara Prodi Bahasa jepang Stiba invada dengan RNC (Recruiting Notes Communication) yang merupakan sebuah lembaga yang mempersiapkan dan mengelola SDM berpusat di Tokyo.

Setelah tahun sebelumnya Empat mahasiswa STIBA Invada Magang ke Jepang , maka tahun ini prodi juga berharap program magang ke Jepang dapat dilanjutkan. Program magang ini merupakan implementasi mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di semster VI. Saat PKL mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan keilmuannya selama enam semester belajar di STIBA Invada ke dunia kerja. “Khusus mahasiswa Sastra Jepang memiliki kesempatan PKL atau internship di Jepang. Sedangkan, untuk di dalam negeri, mahasiswa boleh PKL di perusahaan Jepang, atau mengajar di tingkat SMK/SMA”, jelas Yanti Hidayati, S.Pd.,M.Hum selaku ketua Program Studi sastra Jepang.

Dengan adanya program Magang ke Jepang ini mahasiswa akan memiliki pengalaman yang menarik karena selain dapat mengaplikasikan keilmuannya juga dapat mempelajari budaya kerja orang Jepang serta mengambil peran didalamnya. Selain itu mahasiswa juga akan diberikan tunjangan oleh perusahaan tempat mereka bekerja sehingga memacu semangat mahasiswa dalam mempelari budaya dan bahasa Jepang.

Pada sosialisasi ini Prodi Sastra Jepang mengundang seluruh Orangtua Mahasiswa untuk memberikan informasi tentang Program Magang atau PKL di Jepang. Pada acara ini juga dihadirkan mahasiswa yang pernah magang sebelumnya untuk dapat menceritakan pengalaman pengalamannya selama disana. Tanggapan orangtua pada program ini juga sangat antusias, 90 % orangtua menyatakan setuju anaknya dapat mengikuti program ini.

Program ini akan melalui beberapa seleksi diantaranya seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli dengan melakukan wawancara bersama Mr. Tokunaga melalui jaringan Skypee, kemudian dilanjutkan dengan seleksi berkas, dan seleksi kesehatan.



Leave a reply