Ratusan Peserta Ikuti English Festival 2018

03-03-18 stiba 0 comment

Ratusan Peserta Ikuti English Festival 2018

Cirebon – English Festival 2018 telah sukses digelar sabtu, 24 Februari lalu di atrium Grage City Mall. Acara tahunanan yang rutin diadakan oleh  ELSA (English Literature Student Association) atau Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris STIBA INVADA tersebut bertujuan  untuk mengembangkan kreativitas, khususnya kemampuan Bahasa Inggris dikalangan masyarakat khususnya siswa siswi SMA/SMK sederajat  sewilayah III Cirebon.

Tahun ini, English Festival mengusung tema “Be unique, Be Yourself” yang mengandung pesan bahwa kita harus berani beda dari orang lain, menjadi diri sendiri yang memiliki kemampuan dan kreativitas . English Festival kali ini diikuti oleh lebih dari 50 sekolah dengan total peserta sekitar 200 orang. Kegiatan ini digelar selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 23-224 Februari 2018. Lomba Akademik dilaksanakan di kampus STIBA INVADA dengan jenis lomba seperti essay writing, newscaster, speech contest, debate competition, dan story telling. Sedangkan lomba non akademik digelar di Grage City Mall dengan jenis lomba Dance Cover dan accoustic.

“Kegiatan ini merupakan salah satu event terbesar dari himpunan Sastra Inggris. Kami memiliki keinginan melalui ajang ini generasi Muda Cirebon dan sekitarnya bisa semakin percaya diri dalam bersaing di era global dan berkarya dengan penguasaan Bahasa Inggris”, ungkap M. Irfan Azis, ketua ELSA Periode 2017-2018.

Sementara itu wakil ketua III Bidang Kemahasiswaan Juwintan, S.S., M.Hum menambahkan, STIBA INVADA sebagai satu-satunya Sekolah Tinggi Bahasa Asing di wilayah Cirebon ingin memberikan wadah bagi masyarakat khususnya pelajar SMA/SMK sederajat untuk berkarya dan berkreatifitas  dibidang Bahasa Asing khususnya Bahasa Inggris. Selain itu , kegiatan tersebut juga membawa pesan  mengajak masyarakat untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional danbahasa yang wajib dikuasai di era MEA seperti sekarang ini.

Mengingat ajang English Festival di Cirebon ini masih terbilang jarang, maka STIBA Invada ingin terus konsisten memberikan wadah kompetisi bahasa inggris. “Penguasaan Bahasa Inggris dan Komputer itu penting di era MEA, maka dari itu STIBA Invada selalu memadupadankan dua skill tersebut dalam kurikulumnya, diharapkan pula pelajar SMA/SMK juga dapat menguasai dua hal tersebut sehingga dapat bersaing baik dalam dunia kerja maupun dunia usaha”, jelas intan

Adapun nama-nama pemenang lomba sebagai berikut

Lomba Akademik

Debate Competition

Juara I : SMAK BPK PENABUR

  • Jiyenita Anastasia Angeline
  • Gladys Agatha

Best Speaker   : Jiyenita Anastasia Angeline (SMAK BPK PENABUR)

Juara II : SMAN 1 CIREBON

  • Vincentia Derdya
  • Annisa J.C

Best Speaker   : Jiyenita Anastasia Angeline (SMAK BPK PENABUR)

Newscaster

Juara I : Hardiyanto Eka Saputra          (SMKN 3 KUNINGAN)

Juara II : Muhammad Mario Taliban     (SMKN 3 KUNINGAN)

Juara III : Gabriela Glory Excelin .K      (SMA SANTA MARIA)

Speech Contest

Juara I : Yolanda Margaretha (SMA PUTRA NIRMALA)

Juara II : Nindyana Agisthi        (SMAN 1 JATIWANGI)

Juara III : Regina Adventya        (SMA SANTA MARIA)

Story Telling 

Juara I : Aidin Fitrah (SMAN 1 SUMBER)

Juara II : Lydia Sanawi  (SMA SANTA MARIA)

Juara III : Zahra Sabhira  (SMAN 1 BABAKAN)

Essay Writing 

Juara I :  Jihani Lathifah (SMAN 1 CIREBON)

Juara II : Elvina  (SMA SANTA MARIA)

Lomba Non Akademik

Photography

Juara I : Dwi Asy Syafa Atul Ulyah

Juara II : Samsul Ardinanto

Poster Design

Juara I : Kathryn Rehuella Salim

Juara II : Michael Marcelino

Accoustic

Juara I : Freacoustic

Juara II : Simple-Overture

Dance Cover

Juara I : Golden Team

Juara II : Erythrina

(int)



Leave a reply