STIBA INVADA Siapkan SDM Berkualitas di era MEA

25-01-18 stiba 0 comment

Cirebon- 6 Januari 2018 lalu Prodi Sastra Jepang STIBA INVADA Mengadakan Kuliah Umum dengan mengusung tema “PERAN BAHASA JEPANG DALAM PENGEMBANGAN KARIR SEBAGAI PRAMUWISATA DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)”  khususnya pada bidang Guide/ Guiding . Sebelumnya kuliah umum diadakan untuk bidang penerjemahan yang disajikan langsung oleh para pakar yang menangani bidang tersebut.

Ketua Prodi Sastra Jepang STIBA Invada Yanti Hidayati S.Pd., M.Hum Mengungkapkan bahwa kuliah umum yang dilaksanakan pada tiap semester sekali ini bertujuan memberikan wawasan yang luas kepada seluruh mahasiswa khususnya Prodi Sastra Jepang mengenai informasi, dan ilmu pengetahuan lain selain ilmu yang mereka peroleh selama perkuliahan di kelas, selain itu kuliah umum ini juga  merupakan salah satu persyaratan mengikuti sidang skripsi ditingkat akhir.

Kuliah umum pada bidang guiding ini juga diharapkan mahasiswa dapat memahami bahwa menjadi tour guide itu merupakan salah satu lahan pekerjaan dalam bidang bahasa Jepang yang bisa menjadi salah satu pilihan peluang kerja bagi mahasiswa setelah lulus nanti.  Hal ini selaras dengan target pemerintah yang harus mendatangkan 20 juta wisata mancanegara pada tahun 2019 seperti yang dinyatakan presiden Joko Widodo yang dilansir pada berita liputan 6, dan menjadikan pariwisata sebagai salah satu sumber utama pendapatan negara.

“Mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan skill/ kemampuan bahasa Jepang  pada bidang ini, sehingga dapat memahami budaya dan kebiasaan turis Jepang, atau bisa membangun relasi dengan menjadi tour guide dan ikut berperan serta dalam mengembangkan pariwisata Indonesia”, Papar Yanti lagi. (Yn)



Leave a reply